PENGGUNAAN MEDIA PAPAN BULLETIN DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVA SEKOLAH DASAR

  • Nova lanzha Rusdiana

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengkaji aktivitas siswa selama proses pembelajaran IPS dengan menggunakan  media papan bulletin untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan mengkaji afektif/sikap ilmiah siswa, hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan media gambar teknologi masa lalu dan masa kini. Metode penelitian ini adalah menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan rancangan penelitian yang dilakukan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini guru dan siswa Kelas IVA Semester II di SDSN Ketegan Taman-Sidoarjo Tahun Pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa dengan jumlah laki-laki 16 dan perempuan 14. Dalam hal ini, peneliti menggunakan teknik analisis data dengan cara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Instrumen pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, lembar tes dan pedoman wawancara. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes berupa evaluasi akhir, dan angket Pada kegiatan pembelajaran aktivitas guru mengalami peningkatan dengan skor rata-rata siklus I pertemuan pertama 70% pertemuan ke dua 71,66%, siklus II pertemuan pertama 86,66% pertemuan kedua 91,66% dan siklus III pertemuan pertama 90% pertemuan kedua 96,66%. Aktivitas siswa selama proses pembelajaran mengalami peningkatan dengan skor rata-rata pada siklus I pertemuan pertama 72,91% pada pertemuan kedua 77,08%, pada siklus II pertemuan pertama 85,41% pada pertemuan kedua 87,5% pada siklus III pertemuan pertama 94% pertemuan kedua 95,83%. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dengan skor rata-rata pada siklus I 60,35% pada siklus II 84,66% dan % pada siklus III 95%. Dengan menggunakan media papan bulletin siswa bisa belajar dengan senang. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa menggunakan media papan bulletin dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IVA pada mata pelajaran IPS di SDSN Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.

Kata kunci : Pembelajaran IPS, media gambar, prestasi belajar

Abstract: The purpose of this study is describe student activity on social study l learning activity through the utilization of bulletinboard media to increasing student learning result  and describe affective or student  scientific attitude, the student learning result on social study before and after through the utilization of bulletinboard media. This study Clas Action Research (CAR) using the technique of quantitative descriptive research design conducted in three cycles. Subjects in the study of teachers and students in the second semester at Grade IVA Ketegan primary school Taman – Sidoarjo the Academic Year 2012/2011, amounting to 30 students by the number of men 16 and women 14. In this case, researchers used data analysis techniques by means of quantitative and qualitative descriptive. Data collection instrument in this study using observation sheets, sheet test  and interview guides. Data collection technique use observation, test and questioner. In learning activity, teacher activity experience improvement with average score on first cycle 70%, second meeting 71.66%, second cycle first meeting 86.66%, second meeting 91,66% and third cycle first meeting 90% second meeting 96,66%. Student activity on learning process experience improvement with average score on first cycle 72.91%, second meeting 77.08%, second cycle first meeting 85.41%, second meeting 87.5% and on third cycle 94% second meeting 95,83%. By applying of bulletinboard media student can learn with happy. From those result it can be conclude that the application of bulletinboard media can increasing the learning result of fourth grade student of SDSN Ketegan Kecamatan Taman Kabupaten Sidoarjo.

Keywords: Social studies, picture media, learning achievement

Author Biography

Nova lanzha Rusdiana
Jurusan S1 PGSD FIP Unesa
Published
2014-02-10
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 69