PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEGAK BERSAMBUNG DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG SISWA KELAS I SDN UJUNG VIII SURABAYA

  • USMIWATI Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penulisan huruf tegak bersambung sangat sulit dipahami oleh siswa sehingga hasil belajar siswa sangat rendah.  Hal ini dikarenakan kurang efektifnya guru dalam memberikan penjelasan pada siswa, kurang adanya bimbingan dalam pembelajaran menulis tegak bersambung dan rendahnya bakat minat siswa dalam menguasai keterampilan menulis. Peneliti berpendapat untuk memperbaiki model pembelajaran bahasa Indonesia yang menunjuk pada pembelajaran dan materi yang akan diajarkan dan juga untuk meningkatkan kegiatan belajar siswa. Penerapan pembelajaran langsung pada pembelajaran bahasa Indonesia mampu meningkatkan kegiatan guru, siswa dengan keterampilan menulis tegak bersambung. Dalam hal ini, kita dapat melihat dari hasil pengamatan yang sudah dilakukan oleh peneliti hasil kegiatan guru pada siklus pertama mencapai 70% dan siklus kedua sekitar 92%, Itu menunjukkan bahwa aktivitas guru meningkat menjadi 22% dan mencapai kriteria standart yang diperlukan sebelumnya sekitar 80%. Selain kegiatan guru, kegiatan siswa juga diamati pada siklus pertama 66% dan siklus kedua 91% yang menunjukkan peningkatan kegiatan siswa itu sekitar 15% dan telah memenuhi kriteria standart sekitar 80%. Selain kegiatan guru dan siswa telah meningkat, hasil belajar siswa juga meningkat. Kita dapat melihatnya dari pertemuan pertama, hasil tes mereka mencapai kriteria standart sekitar 4,17%. Pada siklus pertama 65,55% dan hasil siklus kedua sekitar 69,72%. Oleh karena itu kita bisa melihatnya dari siklus pertama  sampai siklus kedua yang mendapat hasil yang baik sesuai dengan standart kriteria sekitar 80%.

 

Kata Kunci : Menulis tegak bersambung dan Model Pembelajaran Langsung

 

Abstract: Writing letters continued upright very difficult to understand by students so that student learning outcomes are very low. This is due to the lack of effective teachers in explaining to the students, a lack of guidance in the writing lessons upright and continued low interest student talent in mastering writing skills, researchers suggested to improve the Indonesian language learning model refers to learning and the material to be taught and also enhance student learning.The researcher’s opinion is needed to repair learning Indonesian model that to point at the learning ang the material which will be taught and also to increase the activities learning of students. The application of direct learning on learning Indonesian is able to increase the activities of teacher, students and uprough continued writing skills. In this case, we can see  from the result of observation who’s done by the researcher. The result of the teacher’s activities at the first cycle reaches 75% and the second cycle about 92%. It showed that the teacher’s activities has increased 17% and reached the students criterion which in decided before about 80%. Besides the teacher’s activities. The students’ activities also be observed at the first cycle about 67,5 % and the second, cycle about 84% which showed the increasing of activities students about 16,5% and has filled the standart criterion about 80%. Besides the activities the activities of teacher and students have increased, their teast also increasing. The result of their test reached to the standart criterion about 47%. At the first cycle, the result about 57,5% and the second result about 85%. Therefore we can see it from the first cycle to the second cycle which got good result according to standart criterion about 80%.

Keywords: Write up a direct serial and Model Learning

Published
2013-01-28
Section
Articles
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 22