UPAYA MENINGKATAN HASIL BELAJAR IPAMELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRYBAGI SISWA KELAS IV SDN KEBONAGUNG MOJOKERTO

  • Da'watus Shalihah Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kebonagung Mojokerto dengan menggunakan model pembelajaran inquiry dalam pembelajaran IPA.Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas, dengan menggunakan teknik analisis diskriptif kualitatif dan kuantitaif. Penelitian ini dilakukan selama dua siklus, yang tiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan, dan tahap refleksi.Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes.Hasil penelitian menunjukkan Aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran inquiry mengalami peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan.Data observasi penelitian guru dan siswa pada penggunaan model pembelajaran inquiry dianalisis dalam presentase.Data tes hasil belajar siswa dianalisis berdasarkan presentase ketuntasan belajar klasikal.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, hasil belajar, IPA.

 

 

Abstract: The study has the aim of improving learning out comes rest of the fourth grade students of Kebonagung Elementary School Mojokerto using inquiry learning model in learning science. This researh used classroom action research using qualitative and quantitative descriptive data analysis techniques. The research was conducted during three cycle,  each consisted of phases such as planing, action implementation, observation and reflection. The data of this research were obtained from observation and test. The observation of the researcher and students’ activity by applying the inquiry learning model in learning was analyzed in percentage. Furthermore, the results of students’ test were analyzed based on classical study completeness percentage.

Keywords:inquiry learning model, learning result, science.
Published
2015-06-01
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 43