PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA TEMA DIRI SENDIRI PADA SISWA KELAS I SDN KETEMASDUNGUS MOJOKERTO

  • Rahmawati - - Jurusan PGSD FIP Unesa

Abstract

Abstrak:Penelitian ini berlatar belakang karena proses pembelajaran yang dilakukan guru kelas I SDN Ketemasdungus Mojokerto belum menggunakan pembelajaran tematik. Guru menggunakan metode ceramah dalam menyampaikan materi. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru, sehingga kurang terjalin interaksi antara guru dengan siswa, dan siswa dengan siswa. Tujuan dalam penelitian  ini adalah untuk mengkaji aktivitas guru dan aktivitas siswa dalam pembelajaran tematik dengan penggunaan media gambar dan mengkaji pengaruh penggunaan media gambar terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I SDN Ketemasdungus Mojokerto yang berjumlah 32 siswa.Jenis penelitian yang digunakan adalah dekriftif kualitatif dan dekriftif kuantitatif.Pengumpulan data menggunakan metode observasi dan tes hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Media, gambar, pembelajaran, tematik, hasil.

 

 

Abstract: This research background I because the teaching lerning a process which is done by the teacher in the class one elementary school Ketemasdungus Mojokerto not use thematic learning . Teachers use the lecture method in presenting the material . Learning tends to be centered on the teacher , so that less intertwined interaction between teachers and students , and students with students . The purpose of this study was to assess the activity of teachers and students in thematic learning activities with the use of media images and study the effect of the use of media images on improving student learning outcomes. The target  of the research in the grade students of state elementary school Ketemasdungus Mojokerto , in a number of  32 students . This type of research is descriptive qualitative and descriptive quantitative . The data collection is using observation metod and the students study result .

Keywords:Images, Media , thematic, learning , study.


Published
2015-07-01
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 24