Pengembangan media pembelajaran bingo Bento 3 x 3 untuk meningkatkan kemampuan Speaking pada kelas 2

Authors

  • Iftita Azzahra Salsabilla Universitas Negeri Surabaya
  • Ulhaq Zuhdi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran
Bingo Bento guna meningkatkan kemampuan speaking peserta didik
kelas II SD. Media ini dirancang untuk mengatasi rendahnya
kepercayaan diri dan keterbatasan praktik berbicara Bahasa Inggris di
kelas rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and
Development (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design,
Develop, Implement, Evaluate). Subjek penelitian adalah peserta didik
kelas II SDN Kejawan Putih 1/234 Surabaya. Data dikumpulkan
melalui validasi ahli, pre-test dan post-test, serta angket kepraktisan.
Hasil validasi menunjukkan bahwa media tergolong sangat valid
dengan skor 95,8% oleh ahli media dan 90,6% oleh ahli materi.
Implementasi dilakukan dalam dua tahap: skala kecil dan skala besar.
Hasil uji keefektifan melalui N-Gain menunjukkan peningkatan
kemampuan speaking dalam kategori sedang (0,481) pada skala kecil
dan tinggi (0,791) pada skala besar. Media dinilai sangat praktis oleh
guru (93,75%) dan praktis oleh peserta didik (73,93%). Penelitian ini
menyimpulkan bahwa media Bingo Bento valid, praktis, dan efektif
digunakan untuk meningkatkan kemampuan speaking peserta didik
kelas II SD dalam suasana belajar yang menyenangkan dan interaktif.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-05-30

Issue

Section

Articles JPPGSD
Abstract views: 0 , PDF Downloads: 0