PENGGUNAAN MEDIA POTONGAN KARTON DENGAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI LUAS TRAPESIUM SISWA KELAS V SDN DUPAK I SURABAYA

  • SUGIYANTO

Abstract

Peneliti menitikberatkan rendahnya hasil belajar pada mata pelajaran matematika materi Luas Trapesium siswa kelas Vdi SDN Dupak I Surabaya sebagai latar belakang penelitian ini.Hal tersebut menunjukkan bahwa masih banyak siswa kurang maksimaldan mengalami kesulitan dalam menentukan Luas Trapesium. Disisi lain permasalahan terjadi juga guru sering menggunakan metode ceramah tanpa menggunakan mediadalam melakukan pembelajaran sehari-hari sehingga pembelajaran menjadi monoton (tidak bervariasi). Oleh karena itu, penggunaan media potongan karton dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat digunakan dalam pembelajaran. Hal ini berdasarkan pada hasil penelitian yang dilakukan pada siswa Kelas V pada mata pelajaran matematika dalam materi luas trapesium di SDN Dupak ISurabayadengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Adapun hasilnya terjadi peningkatan keterlaksanaan aktivitas guru terlihat pada siklus I adalah 74,3% dan siklus II adalah 87,1%. Keterlaksanaan aktivitas siswa dalam kelompok juga mengalami peningkatan terlihat dari aspek diskusidan partisipasi pada siklus I adalah 69,5% dan 68,7%  dan siklus II  adalah 87,5% dan 85,9%. Sedangkan, hasil belajar siswa mengalami peningkatan dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar pada siklus I mencapai 65,6% dan mencapai target ketuntasan pada siklus II yaitu menjadi 87,5%. Berdasarkan uraian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media potongan karton dengan pembelajarankooperatif tipe STAD dalam materi Luas Trapesium dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Media  Potongan Karton,  Materi Luas Trapesium, Hasil Belajar

Abstract

This researcher emphasized the low learning result during the mathematics lesson on trapezium length material of fifth grade students in SDN Dupak I Surabaya as the background study. His observation during the learning process using learning evaluation which described most of the students clinched the score below 65, or in other meaning, were under the MAC (Minimum Achievement Criteria). It proved that there was still many of his students experienced difficulty dealing with comprehending trapezium length material. On the other hand, the problem also arose when the teacher used “the speaking-orientation method” during daily learning activitieswithout media which later made the learning process become monotonous (unvaried). Therefore, implementation of carton pieces media with cooperative types STAD during trapezium length material. Based on the result of the research, the teacher’s activity measurement has improved, figured out from the result of cycle I equalled 74,3% and cycle II equalled 87,1%. The student activity measurement within the group has also increased, in terms of the discussion aspect and participation, with the calculation; cycle I was 69,5% and 68,7%, while on cycle II was 87,5% and 85, 9%. Meanwhile, the student learning result obtained improvement, grabbed from learning result measurement which on cycle I was 65, 6%, the cycle II gained 87, 5%.Throughout the preceding explanation above, the researcher concluded that he implementation of carton pieces media with cooperative learning types STAD for improving the learning result during trapezium length material could improve the student leaning result.

Keywords:CartonPieces Media,Trapezium Length Material, Learning Results

                                                                      

Published
2016-06-02
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 577