PENERAPAN PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATAPELAJARAN  IPS KELAS IV SDN DOMAS  TROWULAN MOJOKERTO

  • LILIK HARTATIK

Abstract

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di SDN Domas Trowulan Mojokerto khususnya di kelas IV menunjukkan bahwa guru lebih mendominasi dalam proses kegiatan belajar mengajar, hal tersebut dikarenakan guru hanya menyajikan materi/ pengetahuan  kepada siswa tanpa memberikan kesempatan siswa untuk berbuat dan metode yang sering digunakan oleh guru adalah metode ceramah sehingga siswa menjadi pendengar pasif dan berpengaruh terhadap ketercapaian hasil belajar siswa. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran yang berorientasi pada teori belajar konstruktivisme yang menyatakan bahwa siswa harus membangun sendiri pengetahuan di dalam pikirannya berdasarkan pengalaman. Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan aktivitas guru, mendeskripsikan aktivitas siswa selama proses KBM dengan penerapan model Pembelajaran Langsung, serta mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada siswa kelas IV SDN Domas Trowulan  Mojokerto khususnya pada matapelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus. Pada masing-masing siklus terdiri dari 2 x pertemuan dan setiap siklus terdiri dari 4 tahapan, diantaranya perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, tes, dan angket. Sedangkan data penelitian ini terdiri dari aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode pembelajar langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil adalah ditemukan data awal hanya 26% siswa mencapai ketuntasan dengan niali rata-rata 50,74 yang artinya hanya 7 siswa yang dinyatakan tuntas, sedangkan 20 siswa dinyatakan belum tuntas. Pada hasil siklus I siswa yang dinyatakan belum tuntas berjumlah 14 siswa dan siswa yang dinyatakan tuntas sejumlah 13 siswa dengan nilai rata-rata 65,56 dengan prosentase mencapai 48%. Pada siklus II terdapat 9 siswa yang belum tuntas dan 18 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 71,76 dan prosentasenya mencapai 67%. Sedangkan pada siklus III, 3 siswa yang dinyatakan belum tuntas dan 24 siswa dinyatakan tuntas dengan nilai rata-rata 82,60 dan prosentasenya mencapai 89% dengan kategori sangat baik. Penerapan pembelajaran langsung pada siswa kelas IV SDN Domas Trowulan Mojokerto dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Sosial.

Abstract

Based on the observation at Elementary School Domas Trowulan Mojokerto especially in class of IV indicated that teacher more dominate in course of school activity, it is because a teacher only presents items/ knowledge to student without giving opportunity of student to do more and method which often used by teacher is method deliver a lecture so that student become passive hearer and have an effect on the reachment of result learn student. At this research, researcher use study model which orienting theory learn constructivism expressing that student should construct their own knowledge based on experience in mind. The objectives of this research is teacher’s activity description, student’s activity description during learning and teaching process with applying of Direct Study model, and also describes of student learning outcome at class student of IV SDN Domas Trowulan Mojokerto especially Social Science subject. Its Type Research is research of class action which consist of three cycle. Each cycle consist of 2 x meeting and each cycle consist of 4 step, among others planning, execution, perception, and reflection. Research data obtained from result of observation, test, and questionnaires. While this research data consist of teacher activity, student activity, and result learn student. Result of from research indicate the method of learning direct can improve result learn student. Result is found data early only 26% complete tired student with mean value 50,74 with the meaning only 7 complete expressed student, while 20 student expressed not yet is complete. At result of cycle of I expressed student not yet complete amount to 14 complete expressed student and student a number of 13 student with average value 65,56 with percentage of reaching 48%. At cycle of II there are 9 student which not yet complete and 18 student expressed complete with average value 71,76 and percentage of tired him 67%. While at cycle of III, 3 expressed student not yet complete and 24 student expressed complete with average value 82,60 and percentage of tired him 89% with category very good.

Keyword : Direct Model Study, Result Learn, Social Science.

Published
2016-06-17
Abstract Views: 5
PDF Downloads: 74