PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN DENAH TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI UKURAN SUDUT SISWA SD

  • YURINDA ANJARWANI

Abstract

Abstrak

Pembelajaran matematika bersifat abstrak dan memerlukan media sebagai alat peraga untuk memotivasi dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Media yang digunakan dalam penelitian ini yaitu media papan denah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media papan denah terhadap hasil belajar materi ukuran sudut siswa kelas V SDN Bringkang, Menganti, Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian quasi experimental dengan bentuk Non-equivalent Control Group Design. Hasil penelitian yang diperoleh adalah  nilai t hitung  4,573 > t tabel pada taraf signifikan 0,05 dengan db (N-2) = 58 sebesar 2,000, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan media papan denah terhadap hasil belajar materi ukuran sudut pada siswa kelas V SD.

Kata Kunci: Matematika, media papan denah, hasil belajar, ukuran sudut.

 

Abstract

mathematics learning is abstract, so it needs media as a model to   motivate and increase the learning result. The media used in this research is road map media. The aim of this research is to know whether there is an influence of the use of road map media to the learning result of degree measuring on five grade students in SDN Bringkang, Menganti, Gresik. The method used in this research is a kind of quasi experimental in the form of non-equivalent control group design. The result obtained is that the t count is 4,573 greater that the t table at the significant level 0, 05 with db (N-2) = 58  with the score 2, 000, so it can be concluded that there is a significant influence to the use of road map media to the learning result of degree measuring on five grade student of SD.

Keywords              : mathematics, road map media, learning result, degree measuring.

Published
2016-06-18
Abstract Views: 8
PDF Downloads: 25