PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA WAYANG TOKOH TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

  • RENY ANDANI

Abstract

Abstrak

Kemampuan berkomunikasi merupakan kunci utama anak dapat bergaul dengan sesamanya. Anak perlu dilatih untuk mau dan mampu berkomunikasi (berbicara, mengucapkan kalimat- kalimat, menyanyi, dan bentuk ungkapan lisan lainnya) dan berkomunikasi pasif (anak mengerti orang lain). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media wayang tokoh terhadap keterampilan berbicara anak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan bentuk True Experimental Design. Berdasarkan analisis uji t yang telah dilakukan diperoleh nilai thitung = 4,359 berada pada daerah penolakan Ho yaitu -ttabel < thitung > ttabel atau -1,64 < 4,359 > 1,64 maka, Ho ditolak dan Ha di terima, jadi dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan penggunaan media wayang tokoh terhadap keterampilan berbicara anak kelas I Sekolah Dasar di Kecamatan Kalitengah Lamongan.

Kata Kunci: media wayang tokoh,  keterampilan berbicara anak

Abstract 

The ability to communicate is the key to a child can get along with each other. Children need to be trained to be willing and able to communicate (speak, pronounce sentences, singing, and other forms of verbal expression) and passive communication (child understand others). This study aimsed to determine the effect of the use of the media puppet characters speaking skills of children. This research was an experiment with the form of True Experimental Design. Based on t test analysis had been done obtained value t = 4.359 is in the region of rejection Ho is -ttabel <t count> t table or -1.64 <4.359> 1.64 then Ho was rejected and Ha accepted, so it can be concluded no effect significant use of the media puppet characters speaking skills first grade elementary school children in the District Lamongan Kalitengah.

Keywords: shadow play media, student speaking skill

Published
2016-06-18
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 412