PENGGUNAAN MEDIA KARTU BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN PECAHAN PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V SD AL-AMIN SURABAYA

  • Komariyah - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini  berangkat dari latar belakang  media pembelajaran yang dilakukan guru dalam mengajar matematika sangatlah kurang, guru hanya menjelaskan konsep pecahan secara lisan dan penulisannya di papan tulis saja, guru tidak menggunakan media pembelajaran, guru memberikan penjelasan yang abstrak, Tanpa ada usaha untuk kongkretkan dengan meggunakan media guru hanya menjelaskan konsep pecahan secara lisan dan penulisannya di papan tulis saja, guru tidak menggunakan media pembelajaran sehingga sebagian besar siswa tidak memperhatikan ketika guru sedang menerangkan materi pembelajaran berakibat rendahnya hasil belajar siswa.Tujuan peneliti adalah mendeskripsikan aktivitas guru dalam pembelajaran yang menerapkan media kartu bilangan serta mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran yang menerapkan media kartu bilangan dan mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya media kartu bilangan. Penelitian ini dilaksanakan di SD Al-Amin  Surabaya. Jenis penelitiannya yaitu  penelitian tindakan kelas. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif, sedangkan pengumpulan datanya melalui observasi dan tes. Rancangan penelitiannya mencakup empat langkah utamanya yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Dari hasil analisis data penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas siswa yang baik dalam pembelajaran dan guru telah menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa. Hasil untuk aktivitas guru pada siklus I yaitu 89% sedangkan pada siklus II 91%,  untuk aktivitas siswa pada siklus I yaitu 79% sedangkan pada siklus yaitu 94% dan untuk hasil belajar siswa pada siklus I diperoleh 68% sedangkan pada siklus II yaitu 85%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunan media kartu bilangan dapat meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan pada mata pelajaran matematika siswa kelas V Sd Al-Amin Surabaya.

 

Kata Kunci : Media kartu bilangan, Hasil belajar, Matematika

Abstract: This study departs from the background of instructional media that teachers do in teaching mathematics is lacking, teachers explain concepts verbally and in writing fractions on the board first, teachers do not use instructional media, the teacher explains the abstract, without any attempt to concrete with receipts media teachers explain concepts verbally and in writing fractions on the board first, teachers do not use instructional media that most students do not pay attention when the teacher was explaining the learning materials result in low student learning outcomes. The researchers' goal  is describe the learning activities of teachers in implementing media card numbers and describe the activities of students in learning and applying media card numbers determine student learning outcomes after the implementation of the media card numbers. This study was conducted at Al-amin elementary school of Surabaya.Type of research is a classroom action research. The method used is descriptive quantitative, while collecting data through observation and tests. The draft study includes four main steps: planning, implementation, observation and reflection. From the analysis of the data showed a significant effect. It can be seen from the activities of students in both the learning and the teacher has created a fun learning environment for students. Results for all teachers in the first cycle is 89%, while on the second cycle 91%, for the student activity in the first cycle is 79%, while in the second cycle and 94% for student learning outcomes in cycle I gained 68%, while in the second cycle is 85% . From the results of this study concluded that the use of media cards can improve learning outcomes numbers add and subtract on the mathematics lesson of the 5nd grade students of AL-Amin elementary school of Surabaya.


Keywords: Media card numbers, learning outcomes, Mathematic


 

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 517