PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN STRATEGI PICTURE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS II SD TUNAS BAHARI SURABAYA

  • Masyuchah - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Model pembelajaran langsung merupakan suatu pendekatan mengajar yang dirancang untuk menunjang proses belajar siswa yang berkaitan dengan pengetahuan deklaratif dan engetahuan prosedural yang terstruktur dengan baik yang dapat diajarkan dengan pola kegiatan yang bertahapyang dipadukan dengan strategi picture yang merupakan suatu metode belajar yang menggunakan gambar yang dipasangkan/diurutkan menjadi urutan logis.Tujuan dari penelitian yang dilaksanakan adalah untuk mengetahui hasil belajar yangdiperoleh, untuk mengetahui bagaimana aktivitas guru dan siswa serta kendala-kendala yang dihadapi pada saat kegiatan pembelajaran menggunakan model pembelajaran langsung dengan strategipicture di kelas II SD Tunas Bahari pada mata pelajaran IPS. Penelitian dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif dari hasil wawancara dan observasi terhadap guru dan siswa SD Tunas Bahari serta metode kuantitatif dari hasil belajar siswa ketika diterapkan model pembelajaran langsung dengan strategi picture. Penerapan model pembelajaran langsung dengan strategi picture dilaksanakan dalam tiga siklus dalam lima kali pertemuan. Siklus I dilakukan dua kali pertemuan, hasil belajar masih dalam kategori kurang dimana terdapat 17 siswa tuntas dan 12 siswa masih belum tuntas. Berdasarkan refleksi siklus I dilanjutkan ke siklus II dengan 2 kali pertemuan, hasil belajar masih masih dalam kategori baik dengan ketuntasan hasil belajar siswa 24 orang dan yang belum tuntas 5 orang. Berdasarkan refleksi siklus II dilanjutkan pada siklus III siswa yang tuntas 27 orang dan siswa yang belum tuntas 2 orang dengan prosentase keberhasilan 93,54% dapat dibandingkan dengan prosentase keberhasilan pada siklus I 54,83%. Berdasarkan penerapan model pembelajarn langsung dengan strategi pisture dalam pelaksanaannya telah dlaksanakan dengan baik sesuai langkah-langkah pembelajaran, maka dapat terlihat adanya peningkatan hasil belajar tiap siklus dengan diberikannya kesempatan kepada siswa untuk belajar dengan menggunakan gambar sebagai media pembelajaran.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Langsung, Strategi Picture, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS.

 

Abstrac: Direct method is a teaching approach whivh is designed to support students learning process related to declarative and procedure science. In this study, the direct method is combined wich picture strategy, which the activity is mach the picture and organized it sanely. The purpose of this study is to know the students learning result, to know the teacher and studentssub topic occupations. Thereare two method which are used in this study. First method is descriptive qualitative to analyze the result of interview and teacher-student observation. The second is quantitative method to analyze the students learning result after implementing picture technique. This process divides in three cycles which consist of five meetings. There were two meetings in the first cycle, 17 students can complete the target but the other 12 is in the opposite, it mean that the result still poor. Based on the evaluation from the first cycle, the writer held the second cycle becomes two meetings, there are 24 students who can complete the target and the 5 other cannot. It means that the result become good better than the previous cycle. This the writer continues it to the third cycle to know the students improvement. The result from the third cycle shown that there are 27 students can complete the target and only 2 students who cannot do it. There is high achievement fram 54,83% in the first cycle and become 93,54% in the third cycle. Based on the explanation above, the final conclusion is direct  method with picture strategy can improve students learning result, which is shown by the final result in each cycle. Because this techniqe gives student chance to use picture as a media of learning.

Key Words: Direct Method, Picture Strategy, Learning Result, Social Studies


Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 31
PDF Downloads: 13