UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN ISI DONGENG DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI KNOW-WANT TO KNOW-LEARNED (K-W-L) PADA KELAS III-A SDN RANGKAH 1 KECAMATAN TAMBAKSARI SURABAYA

  • Mira Intansari Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengkaji penggunaan strategi Know-Want to know-Learned (K-W-L) untuk memahami isi dongeng pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas III, pencapaian hasil belajar siswa, dan kendala - kendala yang dialami selama proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas dengan metode kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III-A SDN Rangkah 1 Tambaksari Surabaya yang berjumlah 32 siswa. Data pada penelitian ini diperoleh dari hasil pengamatan penggunaan strategi KWL untuk memahami isi dongeng, hasil belajar siswa, dan catatan lapangan. Hasil pengumpulan data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskripsi kualitatif.  Hasil nilai ketercapaian kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan, dari 75,89% pada siklus I menjadi 91,07% pada siklus II. Terjadi pula peningkatan persentase ketuntasan klasikal dari siklus I ke siklus II, yaitu dari 53,1%  menjadi 87,5%. Sementara itu selisih rata-rata kelas mencapai 7,18 poin; dari 73,5 pada siklus I menjadi 80,68 pada siklus II, dengan bertambahnya jumlah siswa  yang mendapatkan nilai mencapai atau melampaui KKM, yaitu dari 17 siswa pada siklus I menjadi 28 siswa pada siklus II. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Know-Want to know-Learned (K-W-L) dalam memahami bacaan berupa dongeng berteks panjang dapat meningkatkan hasil belajar siswa  kelas III-A di SDN Rangkah 1 Tambaksari Surabaya.

Kata Kunci :Membaca Pemahaman, Membaca Dongeng, Strategi Know-Want to know-Learned (K-W-L)

Abstract: This research is aimed to study the implementation of Know-Want to know-Learned (K-W-L) strategy to understand the content of legend story in Indonesian lesson for the third grade, the achievement of student result, and also the obstacles experienced during the learning process. Classroom Action Research design is applied in this research by using qualitative method. The subjects of the research were the teacher and 32 students of third grade in Rangkah 1 Elementary School Kecamatan Tambaksari Surabaya. The data is collected from the observation result of KWL strategy application for understanding the story content, the result of student study, and the field record during the learning process. Then, the result of data collection is analyzed by using a descriptive qualitative analysis technique. The result of achievement score for learning activity in the class increased from 75,89% at the first cycle, and it raised up to 91,07% at the last second cycle. The improvement also occurred at the classical accomplishment percentage, which showed an increasing result from 53,1% to 87,5%. Meanwhile, the class average score achieved 7,18 point; whih is from 73,5 at the first cycle to 80,68 at the last cycle, with the total number of students who achieved Minimunm Accomplishment Criteria score increased from 17 students at first cycle to 26 students at the second one. From those results, it is concluded that the implementation of Know-Want to know-Learned (K-W-L) strategy for understanding a long text in the form of legend story able to improve student learning outcomes at the third grade students of Rangkah 1 Elementary School Kecamatan Tambaksari Surabaya.

Key Words: Intensive Reading, Legend Story Reading, Know-Want to know-Learned Strategy

 

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 26