PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN PETEMON 10/358 SURABAYA

  • Pudji Rahayuningsih Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Mengarang adalah menyatakan isi hati dan buah pikiran secara menarik oleh pengarang kepada pembaca. Latar belakang dari penelitian ini yaitu siswa kelas IV SDN Petemon 10/358 Surabaya masih mengalami kesulitan dalam menulis karangan narasi. Penyebab kesulitan siswa dalam menulis narasi karena guru kurang tepat dalam memilih model pembelajaran pada saat proses kegiatan belajar-mengajar. Berdasarkan permasalahan di atas maka diperlukan upaya pemecahan masalah untuk mengatasinya yaitu melalui penerapan Model Pembelajaran Langsung untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas IV. Penerapan Proses Pembelajaran Langsung sangat mendukung dalam penulisan karangan, terutama karangan narasi, sebab dalam penerapan Model Pembelajaran Langsung, siswa mendapat penjelasan dari guru sekaligus pemodelan oleh guru dalam penulisan narasi. Sehingga sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan narasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Petemon 10/358 Surabaya, yang berjumlah 34 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengamatan, tes hasil belajar siswa, dan catatan lapangan.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase keterlaksanaan kegiatan guru pada siklus I dan siklus II mencapai 100%. Nilai ketercapaian kegiatan guru mengalami peningkatan 30,7 dari siklus I yaitu 59,6 dan siklus II meningkat menjadi 90,3. Sementara itu ketuntasan menulis narasi melalui penerapan Model Pembelajaran Langsung mengalami peningkatan sebesar 56,2%. Pada siklus I mencapai ketuntasan 29%, sedangkan pada siklus II ketuntasan mencapai 85,2%. Kendala-kendala yang dihadapi adalah kurangnya perhatian guru saat membimbing dalam proses pembelajaran terutama bagi yang lemah, sehingga masih ada siswa yang mengalami kesulitan dalam menulis narasi. Cara mengatasinya guru harus fokus membimbing siswa, sehingga siswa mampu menulis narasi dan dapat diterapkan pada pembelajaran selanjutnya. Dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan Model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SDN Petemon 10/358 Surabaya.

 

Kata Kunci : Pembelajaran menulis narasi dan Penerapan Model Pembelajaran Langsung.

 

Abtract:Writing is the way of an author to express what she or he feels and thinks which somehow aimed to attract the readers. This research is based on a problem in writing narration text that encountered by the fourth grade students at Petemon 10/358 State Elementary School in Surabaya. It occurred because of the inappropriate model of learning chosen by the teacher in the process of learning. This research aims to describe the implementation of Direct Instruction Learning Model to increase student’s ability in writing narration text. In this model, teacher is able to give explanation and model how to write well that helpful to make the student know the technique. Classroom Action Research (CAR) design is used in this research. Subjects of the research were the teacher and 34 students of fourth grade at Petemon 10/358 State Elemntary School in Surabaya. The data is collected from the observation result of Direct Instruction Model application for understanding the story content, the result of student study, and the field record during the learning process This research shows that percentage of teacher activity accomplishment increased up to 100% at the second last cycle. Meanwhile, the teacher activity achievement score increases 30, 7 point from 59,6at the first cycle to 90,3 at the second cycle. Moreover, the percentage of student activity accomplishment also improved up to 56,2%, from 29% at the first cycle to 85,2% at the last cycle.Those result indicated that the implementation Direct Instruction Model able to increase ability of the fourth grade student at Petemon 10/358 State Elementary School Surabaya in writing narration text.

Key words:Writing Narration Learning, Direct Instruction Model, Student Outcomes.

 

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 116