PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN PUTAT GEDE II/95 SURABAYA

  • Ratna Lestari Hidajati Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan kendala-kendala yang dihadapi pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum dan sesudah penggunaan media gambar berseri berlangsung. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitiantidakan kelas dengan menggunakan metode kualitatif dan kwantitatif.. Subjek penelitian  adalah guru dan siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri , sebanyak 28 orang, yang terdiri  atas  16 orang siswa laki-laki dan 12 orang siswi perempuan.Teknik Pengumpulan Data yang digunakan adalah observasi, tes dan catatan lapangan . Hasil penelitian  dapat disimpulkan bahwa proses pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru menunjukkan peningkatan. Keterlaksanaan pembelajaran siklus I memperoleh 83% dengan skor ketercapaian 65. Adapun  pada siklus II memperoleh 92%, mengalami peningkatan dengan skor mencapai 85. Penggunaan media gambar berseri dapat meningkatkan keterampilan menulis narasi pada siswa kelas IV SD. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I yaitu sebesar 61 % dan pada siklus II mencapai ketuntasan sebanyak 93%.

 

Kata kunci : media gambar berseri , keterampilan menulis, narasi, unsur-unsur narasi.

 

Abstract: The purpose of thisstudy to assess the implementation of learning, student learning outcomes and the constraints faced by the Indonesian Language before and after the use  of media images beamed the learning progress. The study used a classroom action research using qualitative and quantitative methods. The subjects were teachers and students of class IV Elementary School Putat Gede II/95 Surabaya, some 28 students consisting of 16 male and 12 female students. The data collection techniques are observation test and field note..The research  can be concluded that the implementation of learning that teachers do show increased execution the implementation of learning .Learning cycle I gained 83%, achievement scores 65 ,while on the second cycle gained 92%,  the score reached 85.. The use of media images beamed to improve                narrative writing skills in elementary school fourth grade students. It can be seen       from the classical completeness student learning outcomes in the first cycle                     by 61% and in the second cycle to obtain a score 93%..

Keywords: picture series media, narrative writing, aspects of narrative.

 

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 55