PENGGUNAAN MEDIA GRAFIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI TEKNOLOGI PRODUKSI, KOMUNIKASI DAN TRANSPORTASI PADA SISWA KELAS IV SD ANUGRAH SURABAYA

  • Rini Mursiami Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Latar belakang penelitian ini yaitu hasil belajar siswa kelas IV SD Anugrah Surabaya pada mata pelajaran IPS masih rendah yang disebabkan karena guru sering menggunakan metode ceramah dan tugas kelompok tanpa menggunakan media pembelajaran yang disebabkan karena sarana dan prasarana yang kurang memadai.Sehubungan dengan permasalahan di atas, peneliti memberikan solusi yaitu penggunaan media grafis untuk meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Anugrah Surabaya. Media grafis adalah media yang mengkombinasikan fakta dan gagasan secara jelas, kuat dan terpadu, melalui kombinasi pengungkapan kata-kata dan gambar. Hasil belajar adalah kemampuan-kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya. Pendidikan IPS merupakan pendidikan yang selalu berkaitan dengan kehidupan nyata di masyarakat. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Anugrah Surabaya yang berjumlah 19 orang.Teknik pengumpulan data menggunakan Hasil belajar, Aktivitas siswa, Aktivitas guru dan kendala-kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media grafis. Data hasil belajar siswa Pada siklus I sebesar 57,89% dengan nilai rata-rata 71,84 Kemudian pada siklus II 84,21% dengan nilai rata-rata 81,31 dan 94,73% pada siklus III dengan nilai rata-rata 91,57.Aktivitas siswa selama proses pembelajaran dari siklus I 70%, pada siklus II 81% dan kemudian menjadi 100% pada siklus III.Aktivitas guru mengalami peningkatan persentase dari siklus I 71% pada siklus II 82,5% dan kemudian menjadi 97% pada siklus III. Hasil wawancara tentang kendala yang dihadapi dalam melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan media grafis dari siklus I yaitu (1) Pada saat guru menjelaskan materi masih terdapat siswa yang ramai berbicara sendiri, (2)Pada saat guru menjelaskan materi terlalu cepat (3) Sebagian siswa masih malu untukmenjawab pertanyaan dari guru (4) Pada saat mengerjakan evaluasi masih banyak siswa yang mengganggu temannya. Pada siklus II yaitu (1) Pada saat guru menjelaskan masih terdapat siswa yang bermain dengan teman sebangkunya(2) Pada saat siswa mengerjakan evaluasi masih banyak siswa yang mengganggu temannya.Sedangkan pada siklus III secara garis besar sudah tidak ada lagikendala yang dihadapi.Dari hasil tersebut dapatdisimpulkan bahwa penggunaan media grafis dapat meningkatkan hasil belajar IPS pada materi teknologi produksi, komunikasi dan transportasi pada siswa kelas IV SD Anugrah Surabaya.

 

Kata Kunci: Media Grafis, Hasil Belajar, Pembelajaran IPS

Abstract:The background of study is this research is the result OF Fourth grade ANUGRAH Elementary School Surabaya in studying Social science is still low. It happens because teacher often uses speech as method and task in group without using media because there is not tools and infrastructure. By the problem above, this research gives solution to use graphic as media to increase the esult in studying social science for fourth grade Anugrah Elementary School Surabaya. Graphic media is media that combines facts and idea clearly, and solidly, by combining expressing words and pictures. The result of study is students’ ability after they got experiences in their studying. Social science is education which always related to real life in environment. This research uses descriptive qualitative as method. The subject is fourth grade Anugrah Elementary School Surabaya. They are nineteen students. The data collection technique in this research uses the result of study, students’ activities, teacher’s activities and problem happen during they study using graphic as media. The data of students’ result in firt cycle is 57,89 % with average score 71,84 then in second cycle is 84,21 % with average score 81,31 and 94,73 % in third cycle with average score 91,57. Students’ activities during teaching process in first cycle is 70 %, in second cycle is 81 % and then become 100 % in third cycle. Thtage of teacher’s activities increase in first cycle is 71 % second cycle is 82,5 % and then become 97 % in third cycle.

The result of interview about the problems that happen during the students study social science using graphic as media in first cycle are (1) When the teacher explains the materials, few students are still crowded and talk, (2) Teacher explains the materials quickly, (3) Some students are still shy to answer the questions from the teacher (4) When the students do evaluation, they disturb their friends. In second cycle, the problem are (1) When the teacher explains the lesson, students play with his partner (2) Some students disturb their friends while they were doing evaluation. In third cycle commonly there is no problem happens. From the statements above, it can be concluded that using graphic as media can increase the result of study in studying social science for materials Production technology, communication and transportation for fourth grade Anugrah Elementary School Surabaya.

Key Words: Graphic media, the result of study, studying social stud

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 12