PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS BAGI SISWA KELAS IV SDN TAMBAKREJO 2 WARU SIDOARJO

  • Sifna Rahmah Sumiskun Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Pada penelitian ini, akan difokuskan pada materi kompetensi dasar mengenal permasalahan sosial di daerahnya dalam mata pelajaran IPS. Namun pada kenyataannya kemampuan siswa dalam memahami materi tersebut masih kurang. Jumlah tersebut sekitar 40% dari 20 siswa yang nilainya masih dibawah KKM pada materi tersebut. Kebanyakan dari mereka belum mengerti istilah yang terdapat pada materi, maksud dan tujuan dari pembelajaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas siswa dan guru, meningkatkan hasil belajar siswa, dan mengetahui kendala-kendala dan respon siswa dalam penerapan metode role playing. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research classroom), karena penelitiannya dilakukan untuk memecahkan permasalahan yang terjadi di kelas.

Kata Kunci : IPS, Role Playing.

Abstract: In this study, the material will focus on basic competency in the region recognize the social problems in social studies. But in fact the ability of the students in understanding the material is less. The amount is about 40% of the 20 students whose value is still below the Minimum Completeness Criteria on such material. Most of them do not understand the terms that contained in the material, the intent and purpose of the lesson. The purpose of this research is to increase the activity of students and teachers, improve student learning outcomes, and know the constraints and student responses in the application of the method of role playing. This study is an action research (classroom action research), because this research is done to solve the problems that occur in the classroom.

Keywords : Social Studies, Role Playing.

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 18