PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI BENDA DAN SIFATNYA KELAS V SDN POHJEJER I /454 MOJOKERTO

  • Suci Fitasari Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran IPA pada siswa juga untuk mengetahui aktivitas siswa dan guru dalam proses pembelajaran IPA materi benda dan sifatnya dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus pembelajaran terdapat 4 tahapan, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Pohjejer I Mojokerto yang berjumlah 14 siswa. Data penelitian diperoleh dari observasi, tes dan angket. Lembar observasi digunakan untuk mengamati aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran. Data hasil observasi aktivitas siswa dan guru dianalisis dalam bentuk persentase. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep IPA pada siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Angket  digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap pembelajaran IPA dengan menerapkan model pembelajaran Inkuiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Inkuiri  kemampuan pemahaman konsep siswa mengalami peningkatan hal ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan pada saat temuan awal adalah 21,4%, siklus I adalah 64,3% meningkat 42,9% dari temuan awal. Siklus II adalah 92,8% meningkat 28,5% dari siklus I. Dari hasil tersebut  dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Inkuiri dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V SDN Pohjejer I Mojokerto. Sesuai dengan hasil penelitian ini maka disarankan guru untuk mencoba menerapkan model pembelajaran inkuiri dalam menyampaikan pembelajaran IPA guna meningkatkan penguasaan konsep siswa.

 

Kata kunciIPA, Model Pembelajaran Inkuiri, Pemahaman Konsep

Abstract: This research have purposed improve the ability of understanding concept of Natural Science at student and also to know the student activity and the teacher in studying Natural Science studies about object and the character by applied Inquiri learning model. This research is class action abservation. This research be held on two cycles each cycle consisting of two meetings. Each cycle learning which consists of 4 phases, starting from planning, action, observation, and reflection. The research subjects fifth-grade students in Pohjejer I/454 State Elementary School  Mojokerto totaling 14 students. Research data obtained from observation, testing and polling. Sheets of observation to observe teacher activities and students during the learning process. Observation data are analyzed  in from of percentage. Test used to asses students Science learning after by applying the inkury learning model. Polling used to know the student response after study Science by applying the inkuiry learning model. The result of this research is showed that by using application of inquiry learning model the ability of understanding concept of students increase. this matter is visible from complete percentage on the first finding is 21,4%, cycle I is 64,3% increase 42,9% from first finding. Cycle II is 92,8% increase 28,5% from cycle I. From this result we can conclude that using the application of Inquiry learning model can improve the ability of understanding concept of Natural Science at students of the fifth grade students of Pohjejer I / 454 State Elementary School Mojokerto. Based on this observation result so teachers are suggested to try applying inquiry learning model in  Science studies to incease students concept matering.

Keyword:Science, Inquiri Learning Model, Understanding of concept

 

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 14
PDF Downloads: 95