PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN MANUKAN KULON SURABAYA

  • Sudarmadji - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Salah satu mata pelajaran yang diajarkan di SD adalah IPA. IPA dalam konsep-konsepnya selalu berhubungan dengan fakta-fakta yang nyata. IPA juga bukan ilmu yang hanya bisa diperoleh dengan melihat dan membaca saja. Gejala-gejala alam yang terjadi sehari-hari dapat dipelajari dengan proses penemuan yang dapat dilakukan dengan melalui pengamatan. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa dalam penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Manukan Kulon. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan selama 2 pertemuan. Kedua siklus tersebut terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, tes danĀ  catatan lapangan. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase aktivitas guru mengalami peningkatan sebesar 18% yaitu 68,8% pada siklus I dan 86,8% pada siklus II Persentase aktivitas siswa juga mengalami peningkatan sebesar 11,5%, yaitu 70,5% pada siklus I dan 82% pada siklus II. Sementara itu, ketuntasan belajar siswa dengan menerapkan metode eksperimen juga mengalami peningkatan sebesar 15,6%, yaitu 71,9% pada siklus I dan 87,5% pada siklus II. Persentase angket respon siswa secara keseluruhan menunjukkan hasil yang baik yaitu sebesar 91%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Manukan Kulon.

Kata Kunci : metode eksperimen dan hasil belajar siswa

Abstract: One of subject taught in SD is science. Science in concepts always relate to real fact. IPA also non science which only can be obtained seenly and just read. everyday Experienced symptom that happened can be learned with process of invention which can be done with through perception. target of this research is to describe of teacher activity, activity of student and result of learning student in applying of method of experiment to increase result of learning student class V SDN Manukan Kulon. This research used Classroom Action Research (CAR), what is done [by] the two of cycle. Each;Every cycle executed by during 2 meeting. the Cycle second consisted of by the planning phase, execution, and reflexion perception. Technique of data collecting in this research use observation technique, tes field note and. Data gathered to be analysed by using descriptive technique qualitative and quantitative. Result of research indicate that percentage of activity of teacher experience of improvement equal to 18% that is 68,8% cycle of I and 86,8% cycle of II of Percentage of activity of student also experience of improvement equal to 11,5%, that is 70,5% cycle of I and 82% cycle II. Meanwhile, complete to learn student by applying method of experiment also experience of improvement equal to 15,6%, that is 71,9% cycle of I and 87,5% cycle II. Percentage of Enquette of respon of student as a whole show good result that is equal to 91%. that applying of method of experiment can improve learn result student of class of V SDN Manukan Kulon.

Keyword : experiment method and result of learning student

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 36