PENGGUNAAN METODE BERMAIN PERAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PENJUMLAHANDAN PENGURANGAN BENTUK SOAL CERITA PADA SISWA KELAS 1 SDN UJUNG VI NO 31 SURABAYA

  • Sulistyani - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh perlunya dilakukan penerapan metode pembelajaran yang menyenangkan dan lebih bermakna dalam menyampaikan suatu konsep pada kegiatan pembelajaran matematika dikelas I SDN Ujung VI No 31 Surabaya, yaitu kurangnya pemahaman siswa pada materi penjumlahan bentuk soal cerita sehingga hasil belajar kurang maksimal. Berdasarkan masalah tersebut melalui penelitian ini diharapkan mampu memberi solusi atas permasalahan yang terjadi. Solusi tersebut yaitu dengan menerapkan metode pembelajaran bermain peran yang dapat membuat siswa lebih berperan aktif dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK ). Penelitian ini dilaksanakan sendiri oleh guru kelas dengan melaksanakan tiga tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan Refleksi. Pelaksanaan tindakan dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerja maupun pengelolaan kelas. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data yaitu dengan teknik observasi dan teknik tes, dan teknik analisis data menggunakan teknik analiasis diskriptip kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan dua kali pertemuan. Pada siklus I  aktivitas guru diperoleh 69% pada siklus II diperoleh 88%.  Aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 51 %  pada siklus II diperoleh 83 %, dan hasil belajar pada siklud I diperoleh prosentase ketuntasan klasikal sebesar 50% dan pada siklus II diperoleh 80%. Dengan demikian dapat diitarik kesimpulan bahwa dalam penerapan metode bermain peran dalam mata pelajaran matematika materi penjumlahan bentuk soal cerita dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas I SDN Ujung VI No 31 Surabaya.

 

Kata KunciBermain Peran, Matematika, Soal Cerita, Hasil belajar

 

Abstract: The background of this classroom action research is the importance of learning application that is fun and more significance in conveying a concept on mathematics learning activities at 1st grade of SDN Ujung no. 31 Surabaya and a lack of students’ understanding on the sum of story form, so that the results are less than the maximum. Based on those problems, through this research is expected to provide solution. The solution is to apply the method of learning to play role that can make students more active in the learning process and can improve the students’ learning result. This research uses classroom action research (CAR). This research is implemented by the class teacher with three stages, they are: planning, implementation, and reflection. Implementation of the act is done in a collaborative and participatory, in order to improve the performance and management of the classroom. The data collection techniques for this research are observation and testing technique, while the data analysis technique uses quantitative descriptive analysis technique. This research is implemented by two cycles. Each cycle is held two meetings. Teacher activity in the cycle I is 69 %, in the cycle II is 88 %. Student activity in the cycle I is 51 %, in the cycle II is 83 %. And the learning result in the cycle I is obtained the percentage of classical completeness by 50% and in the cycle II is 80%.  Based on the result of research, it can be conclude that the application of the role play method in mathematics by summing in story form can improve learning result and students activity at 1st grade of SDN Ujung VI No. 31 Surabaya.


 

 

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 24