MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI MENGHITUNG VOLUME BALOK DAN KUBUS DENGAN PENGGUNAAN ALAT PERAGA KUBUS SATUAN PADA SISWA KELAS VI SD MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

  • Sumarni - Jurusan PGSD FIP UNESA

Abstract

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah : untuk mengetahui apakah penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada indikator menghitung volume balok dan kubus. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan ini dilaksanakan di SD Muhammadiyah 3 Surabaya dan sebagai sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VI SD Muhammadiyah 3 Surabaya. Data yang digunakan sebagai analisis data diperoleh dari pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dan pengamat yang berupa hasil tes formarif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Berdasarkan data yang diperoleh prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai II. Dari hasil analisis data didapatkan bahwa ketuntasan belajar siswa secara klasikal mengalami peningkatan yaitu, siklus I (45%), siklus II (80%). Simpulan dari penelitian ini adalah penggunaan alat peraga kubus satuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi menghitung volume balok dan kubus pada siswa kelas VI SD Muhammadiyah 3 Surabaya tahun pelajaran 2011-2012.

 

Kata Kunci: Hasil belajar, Kubus satuan

 

 

Abstract: The purpose of this study are: to determine whether the use of props cube units can improve student learning outcomes in the indicator. This study uses action research (action research) by two cycles. Each cycle consists of four phases: planning, implementation, observation and reflection. Action research was conducted at Muhammadiyah 3 elementary school of Surabaya and as a research subject is six grade Muhammadiyah 3 elementary school of Surabaya. The data is used as the analysis of data obtained from the observations made by researchers and observers formarif of test results, observation sheet teaching and learning activities. Based on data obtained student achievement has increased from cycle I to II. From the analysis of the data found that students in the classical mastery learning is increased, the first cycle (45%), cycle II (80%). Conclusions from this research is the use of props cube units can improve student learning outcomes in calculating the volume of material beams and cubes in sic grade Muhammadiyah 3 elementary school of Surabaya year 2011-2012.

Keywords: Learning outcomes, Cube unit

Published
2013-02-28
Section
Articles
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 13