PENERAPAN MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III SDN SUKOREJO 1 UDANAWU BLITAR
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa selama pembelajaran dan mendeskripsian peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini bersifat kolaboratif yang berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus melalui tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan dan pengamatan serta refleksi. Hasil penelitian pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I sebesar 79.16% dan siklus II sebesar 88.89%. Sedangkan pada siklus I aktivitas siswa memperoleh hasil sebesar 77.88% dan 88.47% pada siklus II. Hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 62.5% dan 87.5% pada siklus II. Dari data tersebut disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPS dapat meningkat melalui penerapan model pembelajaran make a match.
Kata Kunci : Model Make a match, Hasil Belajar Siswa
Abstract
Te purpose of this study is to describe of teachers and student activities during learning and to describe the improvement of student learning result. The method used in this classroom action research is collaborative, which lasts two cycles. Each cycle through three stages of planning, implementation of action and observation and reflection. The result of the study of teacher activity in the first cycle was 79.16% and the second cycle was 88.89%. While on the first cycle of student activity obtained results of 77.88% and 88.47% in cycle II. Student learning outcomes in cycle I of 62.5% and 87.5% in cycle II. From the data, it can be concluded that the result of third grade student learning in IPS subject can be improved through the application of make a match learning model.
Keywords: Make a Match Model, Student Learning Results
Downloads

