PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN IMPLEMENTASI DWI-KURIKULUM PADA KELAS VI SDN SUMBERINGIN JOMBANG
Abstract
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran matematika dengan implementasi dwi-kurikulum yang ada di SDN Sumberingin Jombang khususnya pada kelas 6. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang mana memberikan gambaran penelitian melalui paparan data secara diskriptif atau narasi. Dalam pengambilan data peneliti menggunakan beberapa tindakan yaitu wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Dari tindakan tersebut peneliti mengumpulkan data sampai menyimpulkan data. Dari hasil simpulan data yang ada, penelitian ini mengungkapkan bahwa penerapan sistem dwi-kurikulum yang ada di SDN Sumberingin Jombang khususnya pada mata pelajaran matematika kelas 6 berjalanan dengan baik. Meskipun masih terdapat kendala yaitu siswa yang cenderung pasif. Hal ini diatasi oleh sekolah dengan cara menambah jam pelajaran.
Kata Kunci: Problematika Pembelajaran,Matematika, Dwi-kurikulum,
Abstract
The purpose of this study is to know the process of learning mathematics with the implementation of dwi-curriculum in SDN Sumberingin Jombang, especially in sixth grade. In this study, researcher uses descriptive qualitative method which gives results through data descriptive or narrative. In taking the data the researcher uses some actions that are interview, and study documentation. From these actions, the researcher collects datas until data fulfilled completely. From the results of existing data conclusions, this study reveals that the application of dwi-curriculum system that existed in SDN Sumberingin Jombang on the 6th grade mathematics goeswell. Although there is still an obstacles that students tend to passive. The school resolves this problem by adding hours of lessons.
Keywords: Problematic Learning, Mathematics,Dwi-curriculumDownloads

