PENGEMBANGAN MEDIA FINGCROSS IMAJINATIF UNTUK MATERI PERKALIAN KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak
Masalah yang diangkat pada penelitian ini yaitu pada materi perkalian 1-10 di mana masih belum diterapkannya media pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam menghafalkan perkalian 1-10 secara mudah. Oleh karena itu, peneliti merumuskan sebuah media pembelajaran yang mampu membantu peserta didik dalam menghadapi permasalahan tersebut. Media pembelajaran tersebut yaitu media FingCross Imajinatif yang berupa karakter jari menyerupai hewan serta melibatkan daya imajinasi dalam penggunaannya. Dalam proses pengembangan media tersebut menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdapat lima fase, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Berdasar kegiatan penelitian, yaitu proses uji validasi dan uji coba, maka menghasilkan presentase sebesar 86,5% pada uji validasi Ahli Media, 72,5% pada uji validasi Ahli Materi, dan 90,9% pada perhitungan rata-rata dari hasil uji coba.
Kata Kunci: Perkalian, FingCross, Imajinatif.
Abstract
The problem which raised in this research is on the multiplication material of 1-10 where a learning media has not been applied which can help learning memorize 1-10 easily. Therefore, researchers formulate a learning media that can help students to deal with these problems. The learning media named FingCross Imaginative media that have the shape of finger-like animal characters and involves imagination in its use. In the process of developing this learning media researcher use the model of ADDIE development which have five phases, namely Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Based on the research activity, these are the validation and trial test process, it generates the percentage of 86,5% in validation test of Media Expert, 72,5% on Expert validation test, and 90,9% on average calculation from trial result .
Keywords: Multiply, FingCross, Imaginative
Downloads

