Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi IPS Kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik

  • LAILATUL MASRURO
  • GANES GUNANSYAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh terhadap hasil belajar siswa dalam penggunaan media cerita bergambar dibandingakan dengan pembelajaran konvensional pada materi IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen dan memiliki desain penelitian nonequivalent control design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas III SD YPI Darussalam Cerme-Gresik dan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Data yang diperlukan dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dari soal pilihan ganda berupa post test dan pre test. Data dianalisis menggunakan statistik deskriptif dengan menggunakan progam pengolah data SPSS versi 20penelitian menunjukkan perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dari nilai N-gain di kelas eksperimen 0,682 (sedang) sedangkan di kelas kontrol 0,389 (rendah). Penelitian ini memiliki rata-rata nilai dikelas eksperimen yaitu pre test sebesar 65,48post test sebesar 89,03, sedangkan di kelas kontrol yaitu pre test sebesar 65,16post test sebesar 78,71. Hal ini membuktikan adanya pengaruh terhadap hasil belajar siswa yang menggunakan media cerita bergambar yang telah diterapkan di kelas eksperimen.

Kata kunci : Cerita bergambar, hasil belajar siswa

Abstract

This research has a purpose to know whether there is influence to result of student learning in usage of pictorial story media compared with conventional learning at social study material. This research uses quantitative research method with experimental type and has noquivalent control design. The population of this study is the third grade students of SD YPI Darussalam Cerme-Gresik and the samples used are saturated sampling. The data required from this research is the result of student learning from multiple choice questions in the form of post test and pre test. Data were analyzed using descriptive statistic using SPSS version 20 data processing program. The results showed a significant differences on student learning result from N-gain value in experimental class 0,682 (medium) while in control class 0,389 (low). This research has average value in experiment class that is pre test equal to 65,48 post test equal to 89,03, while in control class that is pre test equal to 65,16 post test equal to 78,71. This proves influence on student learning outcomes using pictorial story media that have been applied in the experimental class.

Keywords: pictorial story, student learning outcomes
Published
2018-06-05
Section
Articles
Abstract Views: 236
PDF Downloads: 301