PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN PERNING MOJOKERTO

  • FIANA PUSPA NURSENDA
  • MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract

Abstrak

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPS khususnya pada kelas V SDN Perning Mojokerto. Tujuan dari penelitian dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe scramble ini, peneliti ingin meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Aktivitas guru mengalami peningkatan pada siklus I 70%, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,75%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I 71,25%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92,5%. Hasil belajar siswa pun juga mengalami peningkatan dari siklus I 77%, dan pada siklus II meningkat menjadi 93,3%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran scramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS.

Kata Kunci: model pembelajaran scramble, IPS, hasil belajar.

Abstract

The background of this research is the low learning outcomes of students on Social Studies subjects, especially in grade V SDN Perning Mojokerto. The purpose of this research by using this scramble learning models, researchers want to increase teacher activity, student activities, and student learning outcomes. This research using Classroom Action research design using qualitative and quantitative descriptive data analysis techniques. Teacher activity increased during cycle I 70%, and in cycle II increased to 88,75%. The increase also occurred in student activity from cycle I 71,25%, and in cycle II increased to 92,5%. Student learning outcomes also experienced an increase from 77% cycle I, and in the cycle II increased to 93,3%. From these results it can be concluded that the application of the scramble learning models can improve student learning results in Social Studies subjects.

Keywords: scramble learning models, study results, social studies.

Published
2018-06-06
Section
Articles
Abstract Views: 22
PDF Downloads: 86