Pengaruh Metode Permainan Sirkuit Pintar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD

  • MIRIS EFTA HANDAYANI
  • BUDIYONO

Abstract

ABSTRAK

Salah satu inovasi yang dapat menunjang pembelajaran pada kurikulum 2013 adalah dengan cara mengubah metode belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh metode permainan sirkuit pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Lakarsantri II/473 Surabaya. Dengan metode permainan sirkuit pintar ini lebih menarik, menuntut siswa lebih aktif, menyenangkan, dan menantang. Analisis data menggunakan uji validasi, reliabelitas, normalitas, homogenitas dan hipotesis (T-test) dengan bantuuan software SPSS versi 20. Hasil perhitungan uji T-test pada kolom sig 2 tailed adalah 0,007 yang artinya kurang dari 0,05 (0,07 ≤ 0,05), sehingga diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh metode permainan sirkuit pintar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Lakarsantri II/473 Surabaya.

Kata Kunci: Pengaruh, Metode permainan Sirkuit Pintar, Hasil belajar

Abstract

One of the innovations that can support learning in the 2013 curriculum is by changing the method of learning. The purpose of this research is to know how Sirkuit Pintar game method influences the result of mathematics learning of fourth grade students in SDN Lakarsantri II/473 Surabaya. With this Sirkuit Pintar game method, it will attract students’ attention more, make students more active, fun and challenging. The analysis of the data uses validation test, reliability, normality, homogeneity and hypothesis (T-test) with assisted software SPSS version 20. The result of calculation of T-test on sig 2 tailed column is 0,007 which means it is less than 0,05 (0,007 < 0, 05). It can be concluded that influence of Sirkuit Pintar game method to the result of mathematics learning of fourth grade students in SDN Lakarsantri II/473 Surabaya.

Key words: Influence, Sirkuit Pintar game method, Learning result

Published
2018-06-06
Section
Articles
Abstract Views: 65
PDF Downloads: 62