PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS PEMECAHAN MASALAH MATERI BANGUN DATAR

  • DEWI RAHAYU
  • BUDIYONO

Abstract

Penelitian pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) berbasis pemecahan masalah ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui proses pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) berbasis pemecahan masalah materi bangun datar (2) Mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik(LKPD) berbasis pemecahan masalah materi bangun datar.Subjek uji coba dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV di SDN Bangkingan II/442 Surabaya.Model yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan R & D Borg and Gall(2003) dari penelitian tersebut didapat hasil dari validator LKPD dengan persentase 77% (sangat layak). Hasil rata-rata semua aspek yang diperoleh dari subjek penelitian uji coba pemakaian kelompok kecil (91%) dan uji coba produk kelompok besar (92%) .Dengan hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan LKPD berbasis pemecahan masalah ini layak untuk digunakan.

Kata Kunci:Pengembangan, LKPD, Pemecahan Masalah Polya

Abstract

This research development of work sheet (LKPD) based on troubleshooting aims to: (1) Know the development process of The Student Learning Worksheet (LKPD) based on troubleshootingtwo-dimentional figurematerial(2) Knowing the eligibility of the students work sheet (LKPD) based on troubleshootingtwo-dimentional figure material. The test subject is class IV in SDN Bangkingan II / 442 Surabaya.This type of research is a research development which is deal with Research and Development / R & D model according to Borg and Gall(2003).The percentage achieved from the LKPD validity test of 77% means that LKPD-based troubleshooting is feasible.Results obtained from the subject research trial use of small groups (91%) and the subject of product trial research large groups (92%). Then the results are obtained from each aspect of the LKPD-based user of the troubleshooting otherwise very feasible.

Key words: Development , LKPD, Polya Problem Solving






Published
2018-06-06
Section
Articles
Abstract Views: 665
PDF Downloads: 686