MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA TEKS LAGU ANAK-ANAK SISWA KELAS IV SDN SUMUR WELUT 1/438 SURABAYA
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar dan kendala-kendala dalam penggunaan media teks lagu anak-anak.Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara observasi, tes dan catatan lapangan. Aktivitas guru mengalami peningkatan selama dua siklus, masing-masing siklus terdapat dua pertemuan. Pada siklus I rata-rata keterlaksanaan adalah 100% dan rata-rata ketercapaian sebesar 75,23, sedangkan pada siklus II persentase keterlaksanaannya 100% dengan rata-rata ketercapaian sebesar 90,83. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa, pada siklus I, ketuntasan klasikal siswa 65,38% dengan rata-rata 77,64, pada siklus II ketuntasan klasikal mencapai 92,30% dengan rata-rata 86,25. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Teks Lagu Anak-Anak dapat meningkatkan Keterampilan Menulis puisi siswa kelas IV SDN Sumur Welut 1/438 Surabaya.
Kata Kunci : Media Gambar Berseri dan Menulis Karangan Narasi.PDF Downloads: 44