PENERAPAN STRATEGI EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV

  • NUR AMIRUL UMMAH
  • BUDIYONO

Abstract

Kurikulum 2013 menuntut guru dan peserta didik untuk melahirkan pembelajaran yang aktif, guna melahirkan pembelajaran yang aktif guru membutuhkan sebuah strategi pembelajaran yang sesuai. Strategi pembelajaran everyone is a teacher here dapat mendukung terlahirnya pembelajaran yang aktif antara guru dan peserta didik di kelas.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, peserta didik dan meningkatan hasil belajar matematika peserta didik dengan menerapkan strategi everyone is a teacher here. Penelitian ini merupakan penelitian tindak kelas dengan subyek penelitian merupakan peserta didik kelas IV SDN Kedondong 1 Sidoarjo dengan perolehan data melalui teknik observasi dan tes. Bedasarkan hasil penelitian diperoleh data presentase sebesar 74,375% pada aktivitas guru siklus 1 dan meningkat menjadi 91,87%, aktivitas peserta didik juga mengalami peningkatan dari 73,61% pada siklus 1 dan meningkat menjadi 90,97%. Hasil belajar matematika peserta didik mengalami peningkatan dari 72,80% menjadi 95,40%. Dapat peneliti simpulkan terdapat peningkatan hasil belajar matematika yang diperoleh peserta didik seusai melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran everyone is a teacher here pada kelas IV di SDN Kedondong 1 Sidoarjo.

Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Everyone Is A Teacher Here, Hasil Belajar Matematika

Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 90
PDF Downloads: 74