PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PAIR CHECKS SPENCER KAGEN BERMEDIA COLOUR CARDS TERHADAP HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD

  • BETI PURNAMASARI
  • JULIANTO

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan dari hasil belajar IPA antara siswa yang diberikan perlakuanmenggunakanmodel pembelajaran pair checks spencer kagen bermedia colour cardsdi SDN Kedungrejo dengan yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran yang biasa digunakan oleh guru di kelas pada SDN Sumberagung 2.Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experimentaldengan rancangan penelitian non equivalent group design.Pengumpulan data menggunakan teknik tes yaitu pretest dan posttest. Data ini dianalisis menggunakan t-test, hasil penelitian menunjukkan nilai sig.(2-tailed) yaitu sebesar 0,02 dimana 0,02 yang berarti nilai ini lebih kecil dari 0,05 maka dapat disimpulkan Ha diterima Ho ditolak.Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran pair checks spencer kagen bermedia colour cards berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 23
PDF Downloads: 28