PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN ARSIR BONGKAR PASANG PADA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN BAGI SISWA KELAS 1V SD

  • DEWI NUR CAHYANTI
  • DELIA INDRAWATI

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembuatan media papan arsir bongkar pasang (2) Mengetahui kelayakan media papan arsir bongkar pasang. Model pengembangan media yaitu model pengembangan 4-D terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pelaksanaan penelitian di SDN Daditunggal dan SDN Bangkingan II. Instrument penelitian meliputi lembar validasi media dan materi, serta angket pengguna yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi materi yaitu 83,92% memiliki kriteria sangat layak. (2) Hasil validasi media yaitu 76,3% memiliki kriteria sangat layak, sedangkan hasil uji coba pengguna (guru) sebanyak 93,18% dan siswa sebanyak 89,58%. Dari data dapat disimpulkan bahwa media papan arsir bongkar pasang merupakan media yang layak digunakan dalam pembelajaran khususnya materi operasi hitung pecahan.Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan pembuatan media papan arsir bongkar pasang (2) Mengetahui kelayakan media papan arsir bongkar pasang. Model pengembangan media yaitu model pengembangan 4-D terdiri dari pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan penyebaran. Pelaksanaan penelitian di SDN Daditunggal dan SDN Bangkingan II. Instrument penelitian meliputi lembar validasi media dan materi, serta angket pengguna yaitu guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil validasi materi yaitu 83,92% memiliki kriteria sangat layak. (2) Hasil validasi media yaitu 76,3% memiliki kriteria sangat layak, sedangkan hasil uji coba pengguna (guru) sebanyak 93,18% dan siswa sebanyak 89,58%. Dari data dapat disimpulkan bahwa media papan arsir bongkar pasang merupakan media yang layak digunakan dalam pembelajaran khususnya materi operasi hitung pecahan.

Kata Kunci: Media Papan Arsir bongkar pasang, Pembelajaran Matematika, Operasi Hitung Pecahan.

Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 80