PENGEMBANGAN MEDIA MIMBAR (DOMINO BERGAMBAR) MATERI KERAGAMAN SOSIAL, EKONOMI, BUDAYA, ETNIS, DAN AGAMA DI INDONESIA

  • UCHA AYU JUNIA
  • PUTRI RACHMADYANTI

Abstract

Abstrak

Banyaknya guru kelas yang memerlukan media pembelajaran, membuat penelitian tentang media pembelajaran banyak diminati. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan media MIMBAR dengan materi keragaman sosial, ekonomi, budaya, etnis, dan agama di Indonesia dan kelayakan media MIMBAR yang meliputi respon siswa setelah mengikuti proses pembelajaran serta validasi media dan validasi materi yang telah dilakukan oleh para ahli dibidangnya. Tahapan penelitian pengembangan yang digunakan adalah tahapan penelitian pengembangan Sugiyono yang terdiri dari sembilaan langkah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media MIMBAR memiliki presentase kelayakan sebesar 84% dengan kategori sangat layak yang diperoleh dari penilaian ahli media dan ahli materi. Berdasarkan hasil angket yang telah diberikan kepada siswa, diketahui bahwa respon siswa ketika menggunakan media MIMBAR memiliki kategori sangat baik dengan presentase sebesar 86% yang diambil dari rata-rata tahap uji coba produk dan uji coba pemakaian.

Kata Kunci : Keragaman, MIMBAR, Media Pembelajaran

Abstract

The classroom teachers who need instructional media, making research on learning media much in demand. This study aims to describe the development of MIMBAR media with material of social, economic, cultural, ethnic, and religious diversity in Indonesia and MIMBAR media feasibility which includes student response after following the learning process and media validation and material validation which has been done by experts in their field. Stages of research development used is the stages development research of Sugiyono. The results show that MIMBAR media has a feasibility percentage of 84% with very decent category obtained from the assessment of media experts and material experts. Based on the results of questionnaires that have been given to students, it is known that the response of students when using MIMBAR media has a very good category with a percentage of 86% taken from the average stage of product trials and trial usage.

Keywords: Diversity, MIMBAR, Learning Media



Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 62
PDF Downloads: 141