PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI GEOMETRI DI SD AL HIKMAH SURABAYA

  • RIZKY AMELIA FARAH
  • BUDIYONO

Abstract

Abstrak

Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran matematika pada materi geometri agar mudah dipahami, disenangi, dan tidak membuat siswa merasa bosan dengan materi tersebut hingga dapat mengantarkan siswa pada prestasi akademik di taraf nasional maupun internasional. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan hambatan dalam pembelajaran matematika materi geometri. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara semiterstrukutu, observasi nonpartisipasi, dan studi dokumentasi. Yang menjadi subjek penelitian adalah dosen ahli materi geometri, kepala sekolah, guru matematika kelas 5, dan siswa kelas 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika materi gemoteri kelas 5 berjalan dengan baik, runtut, menyenangkan dan tidak terdapat hambatan yang berarti bagi guru maupun siswa.

Kata Kunci: Pembelajaran Matematika, Geometri, Deskriptif Kualitatif

Abstract

The problem of the research is how the process of learning mathematics on geometry for easy-to-understand material, additional to, and do not make students feel bored with the material to be able to accompany students on academic achievement in the extent national or international. The purpose of this research is describe to the planning, implementation, evaluation, and obstacles in learning mathematics material geometry. Research methods using qualitative descriptive. Data collection techniques are interviews with semi-structured, non-participant observation and study of documentation. That became the subject of research is the material expert of geometry, the principal, the 5th grade teacher of mathematics, and 5th grade students. The results showed that the planning, implementation, and evaluation of learning mathematics for 5th grade geometry material goes well, coherently, fun and there arent barriers that mean for teachers as well as students.

Keywords: Descriptive Qualitative Learning, Geometry, Mathematics.




Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 307
PDF Downloads: 413