PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS V SDN KEDUNGREJO MEGALUH JOMBANG

  • DIAN SRI ANGGARDINI PANUNGGUL
  • HENDRATNO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh model pembelajaran TANDUR terhadap keterampilan menulis narasi siswa. Penelitian ini dilakukan di SDN Kedungrejo. Model pembelajaran TANDUR merupakan kerangka dari Quantum Teaching. TANDUR adalah akronim dari Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasi, Ulangi, dan Rayakan. Keterampilan menulis narasi pada model pembelajaran TANDUR dihubungan dengan pengalaman siswa, sehingga siswa dapat menemukan ide-ide cemerlang untuk menulis narasi. Metode penelitian menggunakan Quasi Eksperimen. Metode ini membutuhkan 2 kelas yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pada masing-masing kelas terdiri dari 19 siswa. Sehingga jumlah sampel yang diambil adalah 38 siswa kelas V. Setelah perhitungan normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan homogenitas menggunakan uji F, kedua kelas telah dinyatakan normal dan homogen. Hasil perhitungan uji-t, thitung sebesar 1,808 dan ttabel sebesar 1,688 Jika thitung > ttabel maka Ho ditolak. Sehinga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TANDUR berpengaruh signifikan terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas V SDN Kedungrejo.

Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 33