PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLIPBOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS NONFIKSI SISWA KELAS IV SDN DI KECAMATAN LAKARSANTRI SURABAYA

  • NIKMATUS SHOLICHAH
  • ASRI SUSETYO RUKMI

Abstract

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan media flipbook terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas IV SDN di Kecamatan Lakarsantri Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperiment dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan yaitu siswa kelas IV SDN Sumurwelut III sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV SDN Bangkingan II sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing kelas yaitu 24 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Sementara itu, teknik analisis data meggunakan uji instrumen dan uji analisis data hasil penelitian. Berdasarkan analisis data yang telah dilakukan maka diperoleh hasil yaitu thitung 2,225 ≥ ttabel 2,074 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti bahwa H1 diterima dan H0 ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa media flipbook memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menulis teks nonfiksi siswa kelas IV SDN di kecamatan Lakarsantri Surabaya.

Kata Kunci : flipbook, keterampilan menulis teks nonfiksi

Abstract

The purpose of this research is to know the influence of flipbook media usage to the text non-fiction writing skills of fourth grades SDN Lakarsantri in Surabaya. This research method uses quantitative methods of a quasi-experiment type with nonequivalent control group design. The sample which is grade IV SDN Sumurwelut III with the total number of 24 students as a class experiment and fourth grade SDN Bangkingan II with a total number of 24 students as a class controls. Techniques of data collection uses the tests and observation techniques. Meanwhile, the data analysis technique used instrument test and data analysis test of research result. Based on the analysis of the data that has been done which get result t count 2,225 ≥ t table 2.074 at 5% significance leve. This means that H1 is accepted and H0 is rejected, so it can be concluded that the flipbook media has a significant influence on the text non-fiction writing skills grades IV SDN Lakarsantri in Surabaya.

Keywords: flipbook, nonfiction writing skills


Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 46
PDF Downloads: 78