PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN BANGKINGAN II/442 SURABAYA

  • INTAN FAJAR SUSILOWATI
  • MOHAMMAD HUSNI ABDULLAH

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran, tes dan catatan lapangan. Berdasarkan perhitungan nilai keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I 100% dan siklus II mencapai 100%. Nilai ketercapaian pembelajaran pada siklus I 78.97dan siklus II mencapai nilai 86.60. persentase ketuntasan belajar siswa ranah pengetahuan pada siklus I 69.56% pada siklus II 82.60% mengalami peningkatan 13.04%. Ketuntasan hasil belajar siswa ranah keterampilan pasa siklus I 78.26% pada siklus II 100% mengalami peningkatan 21.74%. Ketuntasan hasil belajar siswa ranah sikap pada siklus I 91.30% pada siklus II 100% mengalami peningkatan 8.7%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV pada SDN Bangkingan II/442 Surabaya.

Kata Kunci: Make a Match, IPS, Hasil Belajar

Abstract

Abstract

This study aims to improve student learning outcomes by using cooperative learning model type make a match.
The type of research is classroom action research. Technique of collecting data using observation sheet implementation of learning
, test and field note. Based on the calculation of the value of learning implementation in the first cycle 100% and
cycle II reached 100%. The value of learning achievement in cycle I 78.97 and cycle II reached value 86.60.
the percentage of students learning mastery in knowledge cycle I 69.56% in cycle II 82.60% has increased 13.04%.
Completeness of student learning outcomes in the pasa cycle I 78.26% in cycle II 100% increased 21.74%.
Completeness of student learning outcomes in the cycle 91.30% in cycle I 100% increased 8.7%.
It can be concluded that the application of cooperative learning model of type make a match can improve
the learning result of social studies of fourth grade student at SDN Bangkingan II / 442 Surabaya.Keywords: Make a Match, Social Studies, Learning Outcomes




Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 214