PENGGUNAAN MEDIA RUMAH PERKALIAN PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SD LABORATORIUM UNESA

  • REFANGGA WULANDRIO
  • IKA RAHMAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kebijakan kepala sekolah tentang penggunaan media Rumah Perkalian di SD Laboratorium Unesa, (2) mendeskripsikan penggunaan media Rumah Perkalian di SD Laboratorium Unesa, (3) mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam penggunaan penggunaan media Rumah Perkalian di SD Laboratorium Unesa, serta (4) mendeskripsikan solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dalam penggunaan penggunaan media Rumah Perkalian di SD Laboratorium Unesa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kepala sekolah sangat mendukung dengan kebijakan membentuk ekstrakurikuler Rumah Perkalian, (2) penggunaan media Rumah Perkalian berjalan dengan baik ketersediaan media yang memadai dan siswa antusias, (3) kendala yang dihadapi adalah faktor media yang mudah bergeser saat digunakan dan siswa yang kurang lancar perkalian akan terhambat dalam menggunakan media ini, serta (4) solusi untuk mengatasi kendala yang dihadapi dengan mengganti material pembentukan media dengan papan kayu dan pion magnet serta siswa dapat terus berlatih di sekolah dan di rumah secara perlahan.

Kata Kunci: Perkalian, media Rumah Perkalian




Published
2018-06-22
Section
Articles
Abstract Views: 77
PDF Downloads: 434