Pengaruh Model Pembelajaran Treffinger Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

  • RESTIE KARTIKA MAHARANI
  • DELIA INDRAWATI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk pengaruh model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif pelajaran matematika materi bangun ruang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Non-equivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t-test dan N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif pelajaran matematika materi bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan hasil perhitungan uji hipotesis thitung 7,279 > 1,66901 dan uji N – Gain menghasilkan nilai N – Gain sebesar 0,708. Hasilnya menunjukkaan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif dan termasuk dalam kategori tinggi.

Kata Kunci: Model pembelajaran Treffinger, Kemampuan Berpikir Kreatif


This study aims to determine for the influence of treffinger learning model on the ability to think creatively math lesson material waking space. This research is a kind of quantitative research with Quasi Experimental Design research design in the form of Non-equivalent Control Group Design. Technique of collecting data using test. Data analysis techniques use t-test and N-Gain test. The results showed that there is a significant influence between the treffinger learning model on the ability to think creatively math lesson material waking space. This is evidenced by the results of the hypothesis t calculation test of 7.279> 1.66901 and the test of N - Gain yields N - Gain value of 0.708. The results indicate a significant influence from the use of treffinger learning models to creative thinking skills and included in the high category.

Keywords: Treffinger learning model, Creative Thinking Ability



Published
2018-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 115
PDF Downloads: 155