PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GEMBONGAN 2 BLITAR

  • MILLA NAHDLIYA ULWIYA
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

ABSTRACT

THE IMPROVING DESCRIPTIVE WRITING SKILL

USING FLASHCARD MEDIA OF THE FOURTH STUDENTS

AT STATE ELEMENTARY SCHOOL GEMBONGAN 2 BLITAR

Name : Milla Nahdliya Ulwiya

NIM : 14010644127

Program of study : S-1

Majors : Elementary School Teacher Education

Faculty : Science of education

Institution name : State University of Surabaya

Supervisor : Drs. Masengut Sukidi, M.Pd

Descriptive writing skill claims the students to make a writing reflecting a real condition well and clearly. The result of this observation shows that the students of class IV State elementary school Gembongan 2 Blitar who have achieved study completenes criteria only 31,25% or 10 of 32 students. The purpose of this research is to describe the implementation using flashcard media for improving descriptive writing skill of the fourth year students at State elementary school Gembongan 2 Blitar, the result of learning writing, and obstacles occur completed with the solutions.

This research uses Classroom Action Research which is done in two cycles. The subject of the research are teacher and the fourth students at State elementary school Gembongan 2 Blitar. They are 32 students; 18 boys and 14 girl. The technique of collecting the data uses observation, test, and note. In analyzing the data, the researcher uses qualitative descriptive.

The result of the research shows that the study in cycle I and cycle II has achieve 100%. The scores are 75,66 in cycle I and 94,73 in cycle II. The students average to achieve study completenes criteria are 81,5 in cycle I and 83,39 in cycle II. Percentage of classical completeness are 62,5 % in cycle I and 87,5% in cycle II. The classical completenes in cycle I and cycle II have increased 25 %. The obstacle in cycle I is the limit time to do an evaluation sheet. In cycle II, Teacher improves it by reminding the students to manage the time and has the students not be noisy and play to the others. So in cycle II, there is no obstacle anymore and all achievement indicators have been achieved. This research can be said success.

Based on the result of the research, it is concluded that the usage of flashcard media can improve descriptive writing skill of the fourth students at State elementary school Gembongan 2 Blitar. Finally, the suggestion for this research to the teacher, the school, and the other researcher is to use flashcard media for improving descriptive writing skill.

Key words : Flashcard Media, Descriptive writing skill

ABSTRAK

PENGGUNAAN MEDIA FLASHCARD

UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GEMBONGAN 2 BLITAR

Nama : Milla Nahdliya Ulwiya

NIM : 14010644127

Program Studi : S-1

Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Fakultas : Ilmu Pendidikan

Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya

Pembimbing : Drs. Masengut Sukidi, M.Pd

Keterampilan menulis deskripsi menuntut siswa untuk membuat tulisan yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya secara baik dan jelas. Berdasarkan hasil observasi pelaksanaan pembelajaran menunjukkan bahwa siswa kelas IV SDN Gembongan 2 Blitar yang telah mencapai KKB hanya 31,25 % atau 10 dari 32 siswa. Permasalahan ini disebabkan oleh guru yang tidak menggunakan media pembelajaran. Sehingga siswa kesulitan dalam membuat tulisan deskripsi. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan dengan menggunakan media flashcard dalam meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gembongan 2 Blitar, hasil belajar menulis siswa, dan kendala-kendala yang terjadi beserta solusinya.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Gembongan 2 Blitar yang berjumlah 32 orang. Terdapat 18 siswa laki-laki-laki dan 14 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan catatan lapangan. Analisis data yang dilakukan yaitu secara deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran siklus I dan siklus II mencapai 100%. Nilai ketercapaian pembelajaran pada siklus I adalah 75,66 dan pada siklus II adalah 94,73. Nilai ketercapaian pembelajaran pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 19,08. Nilai rata-rata siswa pencapai KKB pada siklus I adalah 81,5 dan pada siklus II adalah 83,39. Nilai rata-rata pencapai KKB siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 1,89. Persentase ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada siklus I adalah 62,5 % dan pada siklus II adalah 87,5 %. Ketuntasan klasikal pada siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 25%.

Kendala pada siklus I ini yaitu kurangnya waktu untuk mengerjakan lembar evaluasi. Pada siklus II kendala tersebut diperbaiki oleh guru dengan cara mengingatkan siswa untuk mengatur waktu dan mengondisikan siswa untuk tidak ramai atau bermain dengan temannya. Sehingga pada siklus II tidak ada kendala lagi dan semua indikator keberhasilan telah tercapai serta penelitian dikatakan berhasil.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media flashcard dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gembongan 2 Blitar. Dengan demikian, disarankan kepada guru, sekolah, dan peneliti lain untuk menggunakan media flashcard untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi.

vii

Kata kunci: media flashcard, keterampilan menulis deskripsi

Published
2018-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 82
PDF Downloads: 48