PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FLANEL BERPUTAR UNTUK MEMBANTU GURU MEMAHAMKAN MATERI DAMPAK GLOBALISASI TERHADAP SISWA SD

  • PUJI RAHAYU
  • HENDRIK PANDU PAKSI

Abstract

Abstrak

Hasil studi pendahuluan menunjukkan bahwa siswa kelas IV membutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu memahami materi pembelajaran. Sehingga dikembangkan media pembelajaran yaitu media papan flanel berputar yang layak digunakan dalam pembelajara sebagai tujuan utama penelitian ini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penggembangan dengan model 4-D yang terdiri dari tiga tahap, yakni: pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Berdasarkan data uji coba kevalidan, media pembelajaran dan materi berada pada kategori sangat valid dengan skor media pembelajaran 86,7% dan materi 84%. Dan dua uji coba menghasilkan presetase angket siswa sebesar 83,8% dan 90,1% dengan kategori sangat layak. Sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa media papan flanel berputar layak digunakan dalam proses pembelajaran pada siswa kelas IV SDN Ngampel II dan SDN Ngampel III.

Kata Kunci: media pembelajaran, papan flanel berputar, dampak globalisasi.

Abstract

The premilinary study result shows that fourth grade students need learning media which can support the students to master the learning material. As for that reason, it is developed learning media which is the spinning flanel board which is proper to be used as the main purpose of this research. This research uses develop research metodology with 4-D which consists of three steps, such as : define, design, and develop. Based on validation of trial data, learning media and material are on very proper category which is learning media score is 86,7% and material is 84%. And two trials deliver percent of students questionnaire of 83,8% and 90,1 % which are very proper category. The result can be concluded that the spinning flanel board is proper to be used on learning process for fourth grade students in SDN Ngampel II and SDN Ngampel III.

Keywords : learning media, spinning flanel board, globalization effect






Published
2018-06-25
Section
Articles
Abstract Views: 55
PDF Downloads: 148