Pengaruh Media Papan Buletin Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018

  • DYAH SASMITASARI DARMA PRATIWI
  • MINTOHARI

Abstract

Penelitian eksperimen ini membahas tentang pengaruh media papan buletin terhadap hasil belajar siswa yang bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan Media Papan Buletin Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan hasil belajar Siklus Air siswa kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya dengan menggunakan Media Papan Buletin. (3) Mendeskripsikan pengaruh Media Papan Buletin Terhadap Hasil Belajar IPA Materi Siklus Air Siswa Kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya Tahun Pelajaran 2017/2018. (4) Mendeskripsikan respon siswa kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya mengenai Media Papan Buletin.Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experimental dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Desaign.Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pacarkeling VI Surabaya.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V-C sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 34 siswa dan kelas V-D sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 siswa.Dari penelitian tersebut didapat hasil dari nilai rata-rata pretest kelas kontrol sebesar 68,2 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 66, Kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 84,8 sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata posttest sebesar 79,1. Dari perhitungan uji t-test diketahui nilai signifikansi (p-value) = 0,002 < 5% , ini berarti bahwa H1 diterima atau ada pengaruh terhadap hasil belajar antara kelas Kontrol dan Kelas Eksperimen.

Kata Kunci:Pengaruh, Media Papan Buletin, Hasil belajar


Experimental research on the influence of the media discussing this bulletin board against the results of student learning that aims to: (1) Describe the implementation of learning by using the Media Against bulletin boards Result Learn The nature of science Material water cycle Students Class V SDN Pacarkeling VI Surabaya Academic2017/2018. (2) Describe the water cycle learning outcomes grade V SDN Pacarkeling VI Surabaya by using Media Bulletin Board. (3) Describe the influence of the Media Against bulletin boards Result Learn Ithe nature of science Material water cycle Grade V SDN Pacarkeling VI Surabaya Academic 2017/2018. (4) Describe the response of grade V SDN Pacarkeling VI Surabaya on the Media Bulletin Board. This research is a research Quasi Experimental research design with Nonequivalent Control Group Desaign. The population of this research is the grade V SDN Pacarkeling VI. The sample in this study was a class V-C as an experimental class of 34 students and class V-D as control classes that add up to 34 students. From the obtained research results from the average value of control class pretest 68.2 while the average value of experimental class of 66, experimental Classes scored an average of 84.8 whereas class posttest control gain value posttest average of 79.1. The calculation of t-test test known the value of significance (p-value) = 0.002 < 5%, this means that H-1 is accepted or have an influence on the results of the study between the control and the Experimental Class.

Keywords: bulletin boards, Media Influence, the results of the study





Published
2018-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 58
PDF Downloads: 57