PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN SEMOLOWARU 1 SURABAYA

  • ADITYA AYU PERDANA
  • SUPRIYONO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar tema Daerah Tempat Tinggalku siswa kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen dengan bentuk quasi experiment. Desain rancangan penelitian ini adalah nonequivalent control group desain. Sampel penelitian berjumlah 58 subjek, dengan rincian 30 subjek dari kelas IV A yang dijadikan kelompok kontrol dan 28 subjek dari kelas IV B yang dijadikan kelompok eksperimen. Teknik pengumpulan data berupa pretest dan posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji n-gain. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,296 > 1,673 dan dari uji n-gain diketahui adanya peningkatan sebesar 0,4 (kategori sedang) pada hasil belajar di kelas eksperimen setelah diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Sedangkan hasil belajar pada kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan apapun terjadi penurunan karena perhitungan n-gain menunjukkan angka -0,1. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe make a match berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas IV SDN Semolowaru 1 Surabaya.

Kata Kunci: make a match, hasil belajar.

Abstract

The purpose of this research is to know the influences of cooperative learning model make a match type to learning outcomes on My Place Area theme of students grade IVth SDN Semolowaru 1 Surabaya. The type of this research is experimental research with quasi experiment. The design of this research is nonequivalent control group design. This sample was 58 subjects, with 30 subjects from IV A class classified as a control group and 28 subjects from IV B class that were made into an experimental group. Data collection techniques used pretest and posttest to find out student learning outcomes, while the data analysis techniques used test of normality, test of homogenity, t-test, and n-gain test. The analysis result of t-test showed that tcount> ttable is 3,296> 1,673 and from n-gain test known an increase of 0,4 (medium category) on result study in experiment class after being treated using cooperative learning model make a match type. While the learning outcomes in the control class that were not given any treatment decreased because the calculation of n-gain showed -0.1. It showed that cooperative learning model make a match type have a positive effect on learning outcomes of students grade IVth SDN Semolowaru 1 Surabaya.

Keywords: make a match, learning outcomes.
Published
2018-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 96
PDF Downloads: 66