EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS EKSPOSISI SISWA KELAS III SDN WIYUNG I/453 SURABAYA

  • NURAVIKA RULFIARIANI
  • MASENGUT SUKIDI

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media big book dalam pembelajaran menulis eksposisi siswa kelas III SDN Wiyung I/453 Surabaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek siswa kelas IIIA dan guru kelas IIIA. Teknik pengumpulan data observasi, tes, dan angket motivasi siswa. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru sangat baik dilihat dari kemampuan guru mengelola pembelajaran mendapatkan rata-rata skor dan ketercapaian 95,62 dari data observasi, hasil belajar siswa dilihat dari nilai tes siswa meningkat setelah diberi perlakuan, motivasi siswa ditunjukkan dari antusias siswa menerima pembelajaran, dan dari segi waktu siswa lebih cepat memahami materi yang disampaikan.

This study aims to describe the use of big book media in esposition writing lesson in the 3rd grade student state elementary school of Wiyung I / 453 Surabaya. The research used descriptive qualitative approach. Subject of class IIIA students and 3rd grade teachers. Techniques of collecting observational data, tests, and questionnaires of student motivation. Data analysis is done through three stages: data reduction, data presentation, and conclusion. To maintain data validity triangulation activities. The results showed that the quality of learning done by the teacher is very good seen from the ability of teachers to manage learning to get the average score and the achievement of 95.62 from the observation data, student learning outcomes seen from the student test scores increased after being treated, student motivation is shown from student enthusiasm accept learning, and in terms of time students more quickly understand the material presented..

Published
2018-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 57