Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Bermodalitas Visual Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV di SD

  • CENDERA AIRANI CENDANI
  • SURYANTI

Abstract

ABSTRAK

Gaya belajar dominan siswa yang belum diwadahi dengan tepat oleh guru membuat hasil belajar siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran kuantum bermodalitas visual terhadap hasil belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif IPA kelompok eksperimen memperoleh nilai rata-rata 80,74. Sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 78,28. Pada hasil belajar Psikomotor diperoleh nilai rata-rata pada pembelajaran 1 kelompok eksperimen adalah 83,81 dan pada pembelajaran 2 adalah 80,12. Sedangkan kelompok kontrol memperoleh hasil 81,56 pada pembelajaran 1 dan 79,3 pada pembelajaran 2. Hal ini perkuat dengan hasil analisis uji t yang menunjukkan perbedaan signifikan. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kuantum bermodalitas visual berpengaruh terhadap hasil belajar IPA kelas IV di SD.

Kata Kunci: model pembelajaran kuantum, pembelajaran IPA.

ABSTRACT

The dominant learning style of the students that has not been properly accommodated by the teacher makes the students learning outcomes low. The research has purpose to determine how the influence of visual quantum learning to the result of learning. Which is this research experimental with pretest posttest control group design. Data collection was done using the test method. The results showing that the students cognitive learning outcomes group experiment in very good category with an average value of 80.74. While the average value of students who group control is 78.28. In Psychomotor learning result obtaining mean value on learning 1 group experiment is 83,81 and at learning 2 is 80,12. While the control group obtained the results of 81.56 in learning 1 and 79.3 in learning 2. This is justified the results of t-test analysis that shows significant differences. Thus it can be concluded that the visual quantum learning model has an effect on the fourth grade science learning outcomes in elementary school.

Keyword: quantum learning, science learning.

Published
2018-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 18