PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ULARTANGGA COBAKU TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR

  • ULFA AMALIA AMARTA
  • JULIANTO

Abstract

Abstrak

Penelitian yang dilakukan memiliki tujuan untuk melihat pengaruh dari penggunaan media ular tangga modifikasi coba jawab aku terhadap hasil belajar. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Experimental Design dengan Nonequivalen Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di SDN Kedurus 1 Surabaya dengan jumlah populasi sebanyak 109 dengan jumlah sampel 54. Intstrumen yang dipakai berupa tes pilihan ganda berupa pretest dan posttest. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini terdapat pengaruh dengan penggunaan media ular tangga modifikasi coba jawab aku terhadap hasil belajar IPA dengan dibuktikan perhitungan t-test menggunakan SPSS Statistics 22 dengan diperoleh hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,015 < 0,05 yang menandakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran penggunaan media juga perlu dipertimbangkan karena media mempermudah siswa dalam memahami serta mempermudah guru dalam menyampaikan materi.

Kata Kunci: pengaruh, media ular tangga cobaku, ipa, hasil belajar

Abstract

The research conducted has a purpose to see the influence from the application of snakes and ladders try to answer me modification media to the learning result. This research uses Quasi Experimental Design with Nonequivalen Control Group Design. The research was conducted at Kedurus 1 Elementary School Surabaya with total population of 109 with 54 sample. The instruments used were multiple choice test in the form of pretest and posttest. The results obtained from this research there is an influence with the application of snakes and ladders try to answer me modification media to the results of science learning with the proven calculation of t-test using SPSS Statistics 22 with obtained results Sig. (2-tailed) of 0.015 <0.05 indicating that Ho is rejected and Ha is accepted. Therefore, in the process of learning media use also needs to be considered because the media facilitate students in understanding and facilitate teachers in delivering the material.

Keywords: Influence, Snakes and Ladders try to answer me media, science, Learning Result


Published
2018-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 31