PENGARUH PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KECERDASAN MAJEMUK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN GEDANGAN SIDOARJO

  • IMEYLIA KHABIBAH

Abstract

DOSEN PEMBIMBING = Dra. Sri Hariani, M.Pd

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui adanya pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan rancangan penelitian nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis data yang digunakann yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian untuk uji hipotesis, penelitian ini menggunakan t-test dengan taraf signifikasi 5%. Hasil uji-t memperoleh hasil 5,602, jika dibandingkan dengan t-tabel pada taraf signifikasi 5% (2,014) maka t-hitung > t-tabel (5,602 > 2,014) sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Gedangan Sidoarjo.

Kata kunci : strategi pembelajaran Kecerdasan Majemuk, keterampilan menulis deskripsi.

Abstract

The purpose of this Study is to know the effect of using learning strategy Multiple Intelligences to the writing describe ability of fourth grade elementary students in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo. The design of this study is experiment method which is Quasi Experiment Design with Nonequivalent Control Group Design. The data collection technique that is used in this study is test and observation. For the data analysis, the researcher used validity test, realibility test, normality test, and hypothesis test. The findings showed for the hypothesis test, the researcher used t-test with the level of significance 5%. The t-test result is 5,602 if it is compared with t-table with the level of significance 5% (2,014), so t-value > t-tabel (5,602 > 2,014). From the result, it can be concluded that there is effect of learning strategy Multiple Intelligences to the students writing describe on fourth grade class state elementary school in Cluster 01 Gedangan Sidoarjo.

Keywords : learning strategy Multiple Intelligences, the skills of writing describe.

Published
2018-06-28
Section
Articles
Abstract Views: 12
PDF Downloads: 16