Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Adobe Flash untuk Pembelajaran Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas III Sekolah Dasar

  • HIDAYATUL MAULIDTA
  • WAHYU SUKARTININGSIH

Abstract

Abstrak

Media pembelajaran berbasis adobe flash dapat digunakan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi karena dapat menstimulus siswa untuk menulis dengan adanya sajian animasi perkembangbiakan hewan, materi dan contoh soal. Jenis penelitian yang digunakan adalah R & D dengan mengacu pada penelitian pengembangan oleh Borg and Gall yang terdiri atas sepuluh tahapan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi ahli materi memperoleh persentase 87,69% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil validasi ahli media memperoleh persentase 84% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil uji coba produk awal mendapatkan kenaikan nilai rata-rata sebesar 25% dan memperoleh rata-rata nilai pre-test 61,5 naik saat post-tetst menjadi 87,5. Hasil uji kepraktisan berdasarkan hasil angket guru memperoleh persentase 89,39% dengan kategori sangat baik dan dari hasil angket siswa mendapat skor 97%. Hasil uji keefektifan menghasilkan t-hitung > t-teori sehingga -17,921 > 2,086. Dari hasil analisis data tersebut, dapat diasumsikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah diterapkannya media pembelajaran berbasis adobe flash. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis adobe flash valid, praktis, dan efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran menulis teks eksposisi siswa kelas III sekolah dasar.

Kata Kunci: media, adobe flash, menulis eksposisi

Abstract

A learning media based on “Adobe Flash” can be used in learning write expository text activity because it can stimulate the students to write with the presence of an animation of animal breeding, theory and the example of an assignment. The research is using R&D progress with the basic of advancing research by Borg and Gall which there are 10 stages. The result of the research shows that the validation from theory expert got the percentage 87,69% in category very good. The validation result from media expert got the percentage 84% in category very good. The result of the initial product got the sum rising around 25% and got thesum of the pre-test 61.5 and rise when post-test 87,5. The result of practically based on teachers questionnaire is about 89,39% with the very good category and from the students questionnaire is about 97%. The result of the effectivity produce t-count > t-theory so -17,921 > 2,086. From the result of the data analysis can be an assumption there are the distinction significantly between the result of “Adobe Flash” learning. So tha can be conclude that the usage of the learning mediawith interactive learners based on “Adobe Flash” valid, practical, and effective for appliable in writting expository text learning media for 3rd grade elementary school

Keyword: media, Adobe Flash, expository writting
Published
2018-06-29
Section
Articles
Abstract Views: 393
PDF Downloads: 1365