PENERAPAN MODEL DIRECT LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENGGAMBAR ILUSTRASI PADA SISWA KELAS VA SDN PUTAT JAYA II SURABAYA

  • ANISA SWASTIKA FITRI
  • SUPRAYITNO

Abstract

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi suasana kelas yang tidak kondusif pada pembelajaran materi gambar komik. Permasalahan tersebut dikarenakan model pembelajaran yang diterapkan tidak sesuai dengan karakteristik materi. Alternatif penyelesaiannya adalah dengan menerapkan model direct learning. Tujuan penelitian ini untuk mendekskripsikan aktivitas guru, siswa,dan peningkatan keterampilan menggambar ilustrasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN Putat Jaya II Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes kerja. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan menggambar ilustrasi siswa meningkat dari siklus I persentase perolehannya 50%, siklus II 71%, dan pada siklus III meningkat menjadi 87%. Dapat disimpulkan keterampilan menggambar ilustrasi siswa meningkat setelah diterapkannya model direct learning.

Kata Kunci: keterampilan, direct learning, gambar ilustrasi.

Abstract

This research is based on class atmosphere that is not conducive when comic picture material learning. That problem is caused of applied model learning is not suitable with the material characteristics. The alternative solution is with applying direct learning model. The purpose of this research are for describe teacher activity, students activity, and illustration drawing skills improvement. The type of research that used is Collaborative Action Classroom Research. The subject of this research is grade 5thA in Putat Jaya II Elementary School Surabaya. Data collecting techniques that used are observation and work test. Data analysis technique that used is quantitative descriptive. The result of this research are students illustration drawing skills is increased from cycle I get percentage 50%, cycle II 71%, and cycle III become 87%. Can be concluded that students illustration drawing skills is increased after implementation of direct learning model.

Keywords: Skill, Illustration picture, direct learning







Published
2018-06-29
Section
Articles
Abstract Views: 19
PDF Downloads: 27