PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA TEMA EKOSISTEM SISWA KELAS V SDN GEDANG I PORONG

  • KHARIS EL RAKHMAN
  • JULIANTO

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa serta meningkatkan hasil belajar siswa selama proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPA.Aktivitas guru mendapatkan hasil pada pelaksanaannya siklus I dengan persentase 75,00% meningkat pada siklus ke II dengan persentase 82,50% dapat di katakan bahwa aktivitas guru telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥80%. Peningkatan juga terjadi pada aktivitas siswa dari siklus I dengan persentase 73,33% meningkat pada siklus ke II dengan persentase 85,00% dapat di katakan juga aktivitas siswa telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥80% ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I dengan persentase 65% meningkat pada siklus ke II dengan persentase 85,00% sehingga telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥80% dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan bahwa peningkatan terjadi pada semua aspek mulai dari aktivitas guru, aktivitas siswa maupun hasil belajar siswa, setelah di terapkan model pembelajaran Snowball Throwing pada proses pembelajarannya.

Kata Kunci : Snowball Throwing, IPA,Hasil Belajar

Abstract

The purpose of this study is to describe teacher activity, student activity and improve student learning result during the learning process by applying the Snowball Throwing learning method at science learning the teacher activity get result in a implementation of cycle I with percentage of 75,00% increase in cycle II with percentage 82,50% that can be said that teacher activity have reach indicator of success that is ≥80%. The increase also occurs at student activity from cycle I with percentage of 73,33% increase in cycle II with percentage 85,00% that can be said activity of student have reach indicator of success that is ≥80% result of student learning result also get improvement from cycle I with the percentage of 65% increase in cycle II with percentage 85,00% so thats have a reach indicator of success that is ≥80% from result of study can be concluded that the increase at all aspect from teacher activity, student activity and result of student learning, after apply the Snowball Throwing learning method on the learning process.

Keywords: Snowball Throwing, IPA,Learning Result

Published
2018-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 27