Pengaruh Metode Gallery Walk terhadap Hasil Belajar IPA Materi Zat Tunggal dan Campuran Siswa Kelas V SDN Wiyung 1 Surabaya

  • NAILUL ISTIANA
  • MINTOHARI

Abstract

Abstrak

Kegiatan pembelajaran IPA yang dilaksanakan oleh guru belum sepenuhnya melibatkan siswa. Metode yang digunakan hanya ditujukan pada kemampuan dalam menghafal materi, selain itu belum disesuaikan dengan karakteristik materi pelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar dan pengaruh setelah penggunaan metode gallery walk. Jenis penelitiannya eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Lokasi penelitian di SDN Wiyung 1 Surabaya. Populasinya siswa kelas V SDN Wiyung 1 Surabaya, sampelnya kelas V-B dan V-B. Variabel bebasnya metode gallery walk, variabel terikatnya hasil belajar. Instrumen yang digunakan berupa lembar tes dan rubrik penilaian. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non-tes. Teknik analisis instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis hasil menggunakan uji normalitas, homogenitas, t-test, dan n-gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan metode gallery walk dapat meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa. Perhitungan uji t-test dengan menggunakan SPSS 25 menunjukkan nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 yaitu 0,006. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan metode gallery walk terhadap hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Metode pembelajaran, Gallery walk, Hasil Belajar.

Abstract

Science learning activities conducted by teachers have not fully involved students. The method used is only aimed at the ability to memorize the material, otherwise it has not been adapted to the characteristics of the subject matter. The purpose of this research to determine the results of learning and effect after the use of gallery walk method. His research type was experimental with nonequivalent control group design. Research location at SDN Wiyung 1 Surabaya. The population of five grade SDN Wiyung 1 Surabaya, the sample of class V-B and V-B. The independent variable is gallery walk method, dependent variable of learning result. The instruments used are test sheets and assessment rubrics. Data collection techniques are test and non-test. Instrument analysis techniques use validity and reliability test. Result analysis using normality, homogeneity, t-test, and normalized n-gain test. The results showed that the use of gallery walk method can improve students cognitive and psychomotor learning results. The calculation of t-test using SPSS 25 shows the value of Sig. (2-tailed) <0,05 ie 0,006. So it can be concluded there is significant effect from the use of gallery walk method to student learning result.

Keywords: Learning method, Gallery walk, Learning Result.


Published
2018-07-02
Section
Articles
Abstract Views: 69
PDF Downloads: 76